IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI BULLIYING MI RAUDLATUS SYABAB SUKOWONO JEMBER
Abstract
Abstract: Bullying behavior is an issue that is often discussed today. This behavior is often found in environments where it should not be, such as in the family environment and at school. Bullying behavior is an aggressive and manipulative action that can cause conflict for the perpetrator and the victim. Anti-bullying education is carried out in basic education institutions madrasah ibtidaiyah. this program is carried out in the form of building children's character through extracurricular programs that have been implemented at these educational institutions. The method used in this activity is a case study in the form of an interview. The results achieved in this activity are Creating and forming strategies that can support the implementation of anti-bullying education by involving all related elements so that goals can be achieved effectively. and students can be aware of their respective responsibilities in an effort to prevent bullying behavior in educational institutions. This program is able to form an attitude of self-control to carry out good habits in the family, school and community environment.
Abstrak: Perilaku intimidasi atau pelecehan menjadi topik yang sering dibicarakan dewasa ini. Sering kali, perilaku semacam ini muncul di tempat-tempat yang seharusnya aman, seperti di dalam keluarga atau di lingkungan sekolah. Tindakan intimidasi ini terdiri dari perilaku agresif dan manipulatif yang bisa menyebabkan konflik baik bagi pelaku maupun korban yang terlibat. Pendidikan anti bulliying ini di laksanakan di lembaga pendidikan dasar madrasah ibtidaiyah . program ini dilakukan dalam bentuk membangun karakter anak melalui program-program ekstrakurikuler yang sudah terlaksana di lembaga pendidikan tersebut.Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini meliputi penggunaan studi kasus yang berbentuk wawancara. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencapai tujuan serta Merancang dan mengembangkan strategi yang mendukung implementasi pendidikan anti-bullying dengan melibatkan semua pihak terkait, sehingga mencapai tujuan tersebut dengan cara yang efektif.serta para siswa bias Menyadari bahwa setiap individu memiliki tanggung jawabnya sendiri dalam melakukan langkah-langkah untuk mencegah perilaku bullying. Hal ini mencakup kesadaran akan peran aktif yang harus dimainkan oleh setiap orang dalam membangun lingkungan yang aman dan mendukung di mana tidak ada tempat untuk intimidasi atau pelecehan di lembaga pendidikan. Program ini dapat mengembangkan kemampuan untuk mengatur diri dalam mengadopsi perilaku positif di berbagai konteks, seperti dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, A. W., & Widodo, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Anti Bullying Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.7
Fatimah, A. S., Hidayat, Y., & Purbayani, R. (2024). Strategi Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying Sejak Dini Di Paud Bahrul Ihsan Kawasen. Jurnal Intisabi, 1(2), 90–102. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.11
Halim, a, Ilmi, A. A., Panggabean, M. D. P., Azizah, N., & Yanda, R. A. (2023). Implementasi Kebijakan Anti Perundungan (bully) Oleh Konseling Pada Siswa Melalui Layanan Konseling Di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2)
Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Jurnal STIKES Pertamedika, 1(1)
Nuraeni, N., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya untuk Meminimalisir Bullying di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 10(3), https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.8095
Nur’aini, S. (2022). Nilai Pendidikan Anti Bullying Dalam Sunnah Nabi Dan Kontekstualisasinya Untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1)
Prasetio, A., & Fanreza, R. (2023). Strategi Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Bullying Di Ismaeliyah School. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14761
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(2).
Rismayanti, M. A. (2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak
Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah [Skripsi]. Universitas MUhammadiyah Jakarta.
Sabekti, M., Ikhsanudin, M. R., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Analisis Upaya Menghadapi Bullying dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2).
Teressa, T., Arisanto, P. T., Utami, R. T., Rahayu, S. D., Yanti, R. D., Yongki, Y., Amalina,
R. N., Pramesti, R. A., Ramadhani, N. R., & Praditya, N. A. (2024). Sosialisasi Anti- Bullying Sebagai Upaya Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Pengabdian West Science, 3(03), https://doi.org/10.58812/jpws.v2i03.991
Wardhana, K. (n.d.). Buku Panduan Melawan Bullying. Sudang Dong.
Widyaningtyas, R., & Rochman Hadi Mustofa. (2023). Implementasi Kebijakan Anti- Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5489
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i1.24619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© Published by Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)
Indexed By: