MODEL SUPERVISI BLENDED DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING; ANALISIS BIBLIOMETRIK
Abstract
Abstract: The Blended Supervision Model is a supervision approach that combines face-to-face learning methods with computer-based techniques, both offline and online, so that integration is created in the supervision process. The purpose of this study is to introduce a blended supervision model that can be applied in schools to support the achievement of effective supervision based on data obtained from POP. The research method is a literature review that has 5 steps. Data was obtained from the POP application by selecting Google Scholar as a data search tool. The data obtained were 84 articles and a perfect search of 54 articles found from the Google Scholar database in 2014-2024. After the data was collected, the data was classified and visualized or analyzed using the Vosviewer application. The results obtained were 3 sub-data, namely 1) comparative metric data; articles were obtained from 84 to 54 with different citations, indexes, and others, 2) author collaboration; seven people collaborated on research related to blended supervision, 3) title and abstract; there are 3 keywords used by the author in the title and abstract, namely model, supervision, service counseling. Overall, this study offers relevant references for further research on the blended supervision model. The blended supervision model is very important to be implemented face-to-face and online by utilizing technology.
Abstrak: Blended Supervision Model merupakan pendekatan supervisi yang memadukan metode pembelajaran tatap muka dengan teknik berbasis komputer, baik secara luring maupun daring, sehingga tercipta integrasi dalam proses supervisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan model supervisi blended yang dapat diterapkan di sekolah guna mendukung tercapainya supervisi yang efektif berdasarkan data yang diperoleh dari POP. Metode penelitian yaitu tinjauan literatur yang memiliki 5 langkah. Data diperoleh dari aplikasi POP dengan memilih geogle scholar sebagai alat pencarian data. Data yang diperoleh sebanyak 84 artikel dan pencarian secara sempurna sebanyak 54 artikel yang ditemukan dari basis data Google Scholar tahun 2014-2024. Setelah data terkumpul, data tersebut diklasifikasikan dan divisualisasikan atau di analisis menggunakan aplikasi vosviewer. Hasil yang diperoleh ada 3 sub yaitu 1) data metrik perbandingan; artikel diperoleh dari 84 menjadi 54 dengan citation, indeks dan lain-lain yang berbeda, 2) kolaborasi penulis; tujuh orang saling berkolaborasi dalam penelitian terkait dengan supervisi blended, 3) judul dan abstrak; terdapat 3 kata kunci yang digunakan penulis pada judul dan abstrk yaitu model, supervisi, konseling layanan. Secara keseluruhan, penelitian ini menawarkan referensi yang relevan untuk penelitian lebih lanjut mengenai blended supervision model. Blended supervision model sangat penting untuk dilaksanakan secara tatap muka dan daring dengan memanfaatkan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2019). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang dan Tantangan di Era Disrupsi. Teachin.Id, 6(1), 1570–1580. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2778
Ami, A., Ika, I., & Soliah, S. (2023). Peranan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Layanan Pendidikan Inklusi. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(1), 152–166. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.1953
Aminah, R., & Siti, Z. (2020). The Role of Blended Supervision in Enhancing Professional Competence in Guidance and Counseling. International Journal of Educational Studies, 13(2).
Arsini, Y., Maulida, N., Siregar, S. R., & Meliala, A. L. B. S. (2023). Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 96–101. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.22782
Asghar, M. Z., Afzaal, M. N., Iqbal, J., & Sadia, H. A. (2022). Analyzing an Appropriate Blend of Face-to-Face, Offline and Online Learning Approaches for the In-Service Vocational Teacher’s Training Program. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(17). https://doi.org/10.3390/ijerph191710668
Asmadin, Nelisma, Y., Candra, I. A., Dasril, & Jarkasi. (2023). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 6(2), 86–102. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/234/158
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913
Campbell, J. E., Ogunsanya, M. E., Holmes, N., Vanwagoner, T., & James, J. (2023). Bibliometric and social network analysis of a Clinical and Translational Resource awardee: An Oklahoma experience 2014-2021. Journal of Clinical and Translational Science, 8(1). https://doi.org/10.1017/cts.2023.690
Dasril. (2015). Peningkatan Keterampilan Guru BK Atau Konselor Dalam Layanan Bkp Melalui Layanan PKo. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Dan Konsorsium Keilmuan BK Di PTKI Batusangkar, 1, No.1(November), 80–95. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/681/673
Dewantara, D., Sofianto, E. W. N., Misbah, & Munawaroh, D. (2021). Physics e-module: A review and bibliometric analysis. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012008
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133(April), 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070
Elawati, S., Hartini, H., & Azwar, B. (2023). Strategi Supervisi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Integrated Instructional Strategy Di Era Digital. Muhafadzah, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.598
Gözde Koca, S. Y. (2021). Bibliometric Analysis of Dematelmethod. Decision Making: Applicationsin Management AndEngineering, 4(1).
Guo, Y. M., Huang, Z. L., Guo, J., Guo, X. R., Li, H., Liu, M. Y., Ezzeddine, S., & Nkeli, M. J. (2021). A Bibliometric Analysis and Visualization of Blockchain. Future Generation Computer Systems, 116, 316–332. https://doi.org/10.1016/j.future.2020.10.023
Handayani, S., Ferial, F., & Thole, J. (2022). Knowledge Mapping of Transportation Optimization Researcher: A Visual Analysis Using Publish or Perish. United International Journal for …, 03(12), 31–39. http://repository.uib.ac.id/4640/%0Ahttp://repository.uib.ac.id/4640/1/UIJRTV3I120005.pdf
Hidayat, N. M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sekolah Bermutu. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayatuloh, R., & Akhmad Taufik, T. (2023). Analisis Bibliometrik:Keterkaitan antara Triple Helix dan Open Innovation. Owner, 7(4), 2917–2930. https://doi.org/10.33395/owner.v7i4.1803
Hudha, M. N., Hamidah, I., Permanasari, A., Abdullah, A. G., Rachman, I., & Matsumoto, T. (2020). Low carbon education: A review and bibliometric analysis. European Journal of Educational Research, 9(1), 319–329. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.319
Jatmiko, B., Sunarti, T., Prahani, B. K., Hariyono, E., Dwikoranto, Wibowo, F. C., Mahtari, S., Misbah, & Asy’Ari, M. (2021). Critical Thinking Skills on Physics Learning During Covid- 19 Pandemic: A Bibliometric Analysis Using VOS Viewer. Journal of Physics: Conference Series, 2110(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2110/1/012020
Konseling, J., Islam, P., Ghufron, M., & Santosa, H. (2022). Dengan Metode Bimbingan Klasikal Berbasis Media Audio Visual Dalam : Literatur Review. 3(2), 331–338.
Marina Sandra, Dwikurnaningsih, Y., & Waruwu, M. (2024). Pengembangan Model Supervisi Blended Pada Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kinerja Guru. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1466–1477. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5971
Martin, P., O’Sullivan, B., Taylor, C., & Wallace, G. (2022). Title-blended supervision models for post-graduate rural generalist medical training in Australia: an interview study. BMC Medical Education, 22(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03529-x
Miczka, T. (2013). Conception of Integral Person as Basis of Education in the 21st Century. Journal of Educational and Social Research, 3(7), 334–338. https://doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n7p334
Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.26539/teraputik.51647
Prayitno, A., & Jaya, I. (2020). Implementasi Supervisi Blended dalam Meningkatkan Kinerja Guru BK. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(2), 45–57.
Ramadani, D., & Herdi, H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42-52. http://dx.doi.org/10.22373/je.v7i1.7577
Restiana, R., & Sayekti, R. (2023). Memahami Tren Penelitian Artificial Intelligence di Perpustakaan Melalui Analisis Bibliometrik Pada Publikasi Ilmiah Internasional Tahun 2019-2023. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 14(2), 83–93. https://doi.org/10.20885/unilib.vol14.iss2.art2
Riswanto, D. M. (2024). Peran Guru dan Kepala Sekolah sebagai Aktor Pendidikan di TengahPerubahan Lingkungan Pendidikan yang Berubah Cepat. Journal of Comprehensive Science, 3(6), 37–48.
Sohim, B., , Syah, M., & Hanafiah. (2021). Dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pendiidkan Al Hadi, 01(02), 1–20.
Suharmawan, W. (2023). Jurnal Penelitian Pendidikan. Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 74–78.
Syamsu, Y., & Nurihsan, J. (2017). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya.
Usman, A. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan kelas. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69–83.
Zulfiani, Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model supervisi akademik dalam mingkatkan kinerja guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), Hal. 25-36.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v10i2.26908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© Published by Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)
Indexed By: