MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DI SMP KOTA DAN KABUPATEN BANDUNG

Teti Ratnawulan, S.

Abstract


In the management of teachers Counseling Counseling and Guidance Counseling coordinator already made plans to be implemented, evaluated, analyzed and acted upon the planned start of basic care guidance consists of understanding ourselves and the environment; develop the skills to identify the responsibilities; capable addresses the needs and problems, able to develop themselves in achieving the goal of life, responsive services consist of: individual counseling; crisis counseling; consulting parents, teachers and hand over individual planning cases consist of: orientation activities; information activities; individual counseling; advocacy and support system / development of networking as consultation with the teacher; program of cooperation with parents and teachers; participate in planning school activities; do penilitian about the problems associated with Counseling cooperation and collaboration with other experts associated with servicing Counseling. Teachers Counseling in collaboration with subject teachers and homeroom implement its program through a schedule or timetable Counseling general subjects, or calling all students to be interviewed, or come to their own children Counseling space. In the implementation of guidance and counseling can not be separated from the Education Unit Level Curriculum (KTSP), which optimizes the development of self-learners.

Keywords


Management, Guidance and Counseling

Full Text:

PDF

References


Adair, J and Melanie, A .( 2004) Time management and personal development. London EC2A 3DU: Thorogood Publishing Ltd10-12 Rivington Street

Anwar, Mustatul. (2011).Manajemen Peningkatan Kinerja Guru BK Dalam Memberikan Layanan Pada Peserta Didik Di Kota Banjarmasin (Studi Pada SMAN Kota Banjarmasin).Disertasi.

Aminah, Siti.(2009). Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen Malang. Skripsi.

Asmani,J.M.(2012).Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah.Jogjakarta:DIVA Press.

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Burhanuddin. (1994) Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan .Jakarta:BumiAksara.

Buku Koneksi (Komunikasi Edukasi Prestasi tahun ajaran 2013/2014 SMP PGII I Bandung.

Departemen pendidikan Nasional. (2007).Penataan Pendidikan Professional Konselor Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal: Bandung.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas. (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Era Mutu SMP.Jakarta.

Fauzi, I. (2012) Manajemen Pendidikan Ala Rosulullah.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fakultas Tarbiyah UIN Malang.(2007).El-Hikmah Jurnal Kependidikan dan Keagamaan : Malang

Fuad, Muskinul.(2013). Halaqah sebagai Model Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Kepribadian Muslim (Studi Etnografis pada Komunitas Jama`ah Tarbiyah di Kota Purwokerto). Disertasi.

http://alumnigontor.blogspot.com/2008/04/konsep-manajemen-dalam-perspektifal.html#_ftn6

http://elqorni.wordpress.co./2009/03/15-pengertian manajemen dan fungsi-fungsinya.

http://id.wikipedia.org/wiki/organisasi

Hamdani. (2012). Bimbingan dan Penyuluhan.Bandung: Pustaka Setia

Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontestual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim.N. (2002). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Manajemen SLTP Terbuka (Studi Kasus SLTP Terbuka Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan). Jakarta: Depdiknas.

Imron, Ali. (2008). Kebijkasanaan Pendidikan di Indonesia Proses, Produk dan Masa depannya.Jakarta: Bumi Aksara.

Jumarin, M. (2012).Model Bimbingan dan Konseling Manajemen-diri (BKMD) untuk meningkatkan Kompetensi dan Efikasi-diri dalam Belajar.Disertasi.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung; Remaja Rosda Karya.

Nurichsan, A.J. (2006).Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan.Bandung: Refika Aditama.

N. Hatton,&C. Turney, K.Laws,& K. Sinclair, D. Smith. (1992).Educational Management Roles and Tasks the Shool Manager. Australia: Allen & Unwin Pty Ltd.

Kartadinata. (2011).Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: UPI Pres.

……………(2007). Bimbingan & Konseling Dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan kepribadian Siswa.Bandung: Maestro.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013.

Putra,S.R. (2013). Panduan Pendidikan Berbasis Bakat Siswa.Jogjakarta: DIVA Press.

Yayasan Badan Perguruan Indonesia (BPI).(2013.) Kurikulum Kelas Unggulan SMP BPI I .Bandung.

Rakhmat,C. (2010). Membidik Filsafat Ilmu.Bandung: UPI Pres.

Ratnawulan, Teti. (2000). Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik. Bandung: Publikasi FKIP Uninus.

Rohman. (2011). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Guna Menunjang Pembelajaran Yang Bermutu Pada SMPN 1 & 2 Kec. Cilengkrang, SMP Gantra DI Kabupaten Bandung.Tesis

Sagala. S.(2009). Memahami Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

----------- (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung; Alfabeta.

Suhadi,A. (2014). Manajemen Pembinaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Layanan Pengembangan Diri Pesera Didik (Studi Dwi Kasus pada SMP Negeri 04 dan SMP Negeri 162 di DKI Jakarta). Disertasi

--------------------------------------(2012). Bimbingan Konseling dalam Praktek. Bandung; Remaja Rosdakarya

Sukardi, Dewa Ketut.(2002). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta

Suryani,Yeni.(2009).Peran Bimbingan Konseling Dalam Optimalisasi Potensi Siswa, Jakarta: Wikipedia.

Supriatna, Mamat. (2010). Model Konseling Aktualisasi Diri untuk Mengembangkan Kecakapan Pribadi Mahasiswa. Disertasi.

Team Penulis Musyawarah Guru Pembimbing SMP/Madrasah Tsanawiyah. (2006). Buku Panduan Kegiatan Pengembangan Diri Dan Bimbingan Konseling (Terintegrasi). Bandung: P3M Group penerbit Pustaka Bani Quraisy.

Nurmala, Siti. (2011). Manajemen Bimbingan dan Konseling Pengembangan Diri Di Empat SMA Kota Bandung. Tesis

Putra, Sitiavana K. (2013). Panduan Pendidikan Berbasis Bakat Siswa. Jogiakarta: DIVA Press

Nuraeni, Nunung. (2010).Manajemen Layanan Bimbingan Konseling Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa.Tesis.

Viningsih, S.R. (2013). Pelaksanaan Program Pengembangan Diri siswa di SMAN I Timpeh Kec. Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Bahana Manajemen Pendidikan. Volume 1 nomor 1 (260-461).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: