LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XII DALAM PEMILIHAN KARIER

Sutya Dewi

Abstract


Abstract: Career planning needs to be prepared before students jump directly into the world of careers. Career planning needs to be based on the potential that students have so that there is no conflict between the chosen career and the potential that exists in students. However, not all students can plan their careers well, so problems arise related to less than deal self-efficacy students in career choices. The purpose of this study was to determine the role of career guidance services in increasing the self-efficacy of class XII students in career selection. This research includes field research (Field Research) with the type of qualitative research and uses descriptive methods. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the condition of students' self-efficacy in choosing a career was marked by confusion in choosing a career, lack of self-confidence, and not knowing self-potential. Increasing students' self-efficacy in choosing careers can be done with career guidance services carried out in groups, the stages include: 1) initial stage, 2) intermediate stage, 3) activity stage, and 4) final stage. The results of the career guidance service are that there is an increase resulting from the career guidance process, namely students can plan their careers well and can choose a career field that suits their potential.

Keywords: Counseling Guidance; Self Efficacy; career selection.

Keywords: Counseling Guidance; Self Efficacy; career selection

Abstrak: Perencanaan karier perlu disiapkan sebelum siswa terjun secara langsung dalam dunia karier. Perencaan karier perlu didasarkan atas potensi yang dimiliki siswa sehingga tidak ada pertentangan antara karier yang dipilih dengan potensi yang ada pada diri siswa. Namun tidak semua siswa dapat merencanakan karier nya dengan baik, sehingga timbul masalah yang berhubungan dengan self efficacy yang kurang ideal pada siswa dalam pemilihan karier. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari layanan bimbingan karier dalam upaya meningkatkan self efficacy siswa kelas XII dalam pemilihan karier. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi self efficacy siswa dalam memilih karier ditandai dengan bingung dalam memilih karier, kurangnya percaya diri, dan tidak mengetahui potensi diri. Meningkakan self efficacy siswa dalam memilih karier dapat dilakukan dengan layanan bimbingan karier yang dilaksanakan secara kelompok, yang tahap-tahap nya antara lain: 1) tahap awal, 2) tahap peralihan, 3) tahap kegiatan, 4) tahap akhir. Hasil dari layanan bimbingan karier yang dilakukan bahwa ada peningkatan yang dihasilkan dari proses bimbingan karier tersebut yaitu siswa dapat merencanakan kariernya dengan baik dan dapat memilih bidang karier yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Kata kunci: Bimbingan Karier; Self Efficacy; Pemilihan Karier

Keywords


Bimbingan Karier; Self Efficacy; Pemilihan Karier

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1)

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Aqmarina, F. N., Risnawati, E., & Buana, U. M. (2018). Keputusan Pemilihan Karier : Studi Komparatif pada Siswa Remaja Jurusan IPA dan IPS. 5(2013), 231–240.

Atmaja, T. T. (2015). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. 3(2), 58–68.

Badura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Budaya. (2017). Tipe Script Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X SMA Muhammadiyah Belajen Kabupaten Enrekang. XII, 62–70.

Defriyanto, N. P. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. 03(2), 207–218.

Dewa Ketut Sukardi. (1989). Bimbingan Karir Di Sekolah. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Fitriani, F., & Rudin, A. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 1–8.

Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 2503–281.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).

Nengsih. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling. Pendidikan Dan Konseling, 1(5), 55–68.

Nurihsan, J. A. (2002). Strategi Layanan Dan Bimbingan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Permadi, N. E. (2016). Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan karir. Bimbingan Dan Konseling, 1, No. 2, 134–145.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68.

Saifuddin, A., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. 44(1957), 39–49.

Sofwan Adi Putra, Daharnis, S. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–6.

Sumita, Wicaksono, L. (2018). Analisi Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1–10.

Usman Suherman. (2011). Konseling Karier Sepanjang Rentaang Kehidupan. Bandung: UPI.

Widyaningrum, D., & Hastjarjo, T. D. (2016). Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa. 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/je.v8i1.8995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling
Under Licensed CC-BY-SA
© Published by Prodi Bimbingan Konseling  FTK UIN Ar-Raniry Collaboration with Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN);
All rights reserved 2020. ISSN 2460-4917 (Print); 2460-5794 (Online)

 

Indexed By: