DETEKSI KATA TAK BAKU DAN KESALAHAN PENULISAN KATA PADA TUGAS AKHIR MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE DICTIONARY LOOKUP

Alim Misbullah, Viska Mutiawani, Cut Sri Mulyani

Abstract


Dictionary lookup merupakan sebuah metode pencarian sederhana yang bertujuan untuk menemukan kata di dalam sebuah kamus. Metode ini secara efektif dapat diimplementasikan untuk menemukan kesalahan penulisan kata berdasarkan sumber leksikal. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi kata yang tidak standar dan kesalahan penulisan kata dengan melakukan pencarian kata tersebut di dalam Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI) dan Kamus Kateglo. Selain itu, process pencarian kata di dalam kamus dioptimisasi dengan mengutilisasi index yang ada pada database. Validasi sistem dilakukan dengan membangun sistem antarmuka yang menampilan opsi kepada pengguna untuk mengunggah dokumennya. Sistem dievaluasi menggunakan 40 dokumen tugas akhir mahasiswa. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata dokumen dapat diproses dengan kecepatan 187 kata tiap detik. Rata-rata kesalahan kata yang terdapat di setiap dokumen adalah 2,76% dengan nilai presisi adalah 28,71%. Nilai presisi yang rendah disebabkan oleh tingginya nilai False Positive yang ditentukan oleh tidak adanya kata tersebut di dalam kamus. Namun, sistem yang dibangun sudah memperoleh nilai True Negative yang tinggi sehingga akurasi juga menjadi tinggi.

Keywords


dictionary lookup, index kata, database, kecepatan, akurasi

Full Text:

PDF

References


U. Syiah Kuala, Panduan Tugas Akhir dan Tesis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Banda Aceh: FMIPA, Universitas Syiah Kuala, 2019.

H. R.N., "Aplikasi Perbaikan Ejaan Pada Karya Tulis Ilmiah di Program Studi Teknik Informatika dengan Menerapkan Algoritma Levenshtein Distance," Universitas Nusantara PGRI, Kediri, 2016.

T. N. Maghfira, I. Cholissodin and A. Wahyu, "Deteksi Kesalahan Ejaan dan Penentuan Rekomendasi Koreksi Kata yang Tepat Pada Dokumen Jurnal JTIIK Menggunakan Dictionary Lookup dan Damerau-Levenshtein Distance," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, pp. 498-506, 2017.

A. Hadi, M. Fachrurrozi and N. Yuslianti, "Analisa Perbandingan Algoritma Damerau-Levensthein Distance dan Soundex Similarity Pada Pengkoreksian Ejaan Kata Otomatis," Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya, Palembang, 2019.

E. Kosasih and W. Hermawan, "BAHASA INDONESIA Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal," CV. Thursina, Bandung, 2012.

S. and S. Saudah, Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

S. R.A, Analisis Penggunaan Tata Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah : Studi Kasus Artikel Ilmiah, Visi Pustaka, 2010.

H. Alwi, Tata bahasa baku bahasa Indonesia, Jakarta: Perum Balai Pustaka, 1998.

M. Y. Soleh and A. Purwarianti, A non word error spell checker for Indonesian using morphologically analyzer and HMM, New Jersey, USA: IEEE, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v6i2.15423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alim Misbullah

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.