ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA UIN ARRANIRY TERHADAP DIGITAL SKILL DAN DIGITAL SAFETY

Ridwan M.T, Yusran Yusran, Cut Addis Maulidia

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang secara luas sehingga menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memungkinkan terjadi keterbukaan informasi dengan berbagai fasilitas komunikasi digital atau literasi digital. Keterampilan digital dan keamanan digital adalah bagian dari literasi digital yang harus dipahami dan diperhatikan ketika menggunakan perangkat digital. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi IBM SPSS dan Microsoft Excel di Perguruan Tinggi UIN Ar-Raniry, didapati hasil tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami literasi digital, digital skill, dan digital safety. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang kepahaman mahasiswa dalam memahami literasi digital, digital skill, dan digital safety. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pemahaman mahasiswa itu sendiri dalam menggunakan perangkat digital dan untuk melihat pemahaman mahasiswa pada digital skill dan digital safety. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif dengan menyebarkan google form kepada mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa UIN ArRaniry dengan Teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari variabel literasi digital yaitu memiliki presentase 86.54% dengan kriteria baik. Pada variabel digital skill memiliki presentase 83.14% dengan kriteria baik. Dan pada variabel digital safety yaitu memiliki presentase 78.95% dengan kriteria cukup

Keywords


literasi digital, digital skill, kuantitatif, internet dan digital safety

Full Text:

PDF

References


Eshet, Y. (2012). Thinking in the digital Era: A Resived Model For Digital Literacy. Issues in informing Science and Informations Technology, 9, 267-276.

CFDS, “Kajian Peningkatan Kompetensi Keamanan Digital di Indonesia: Analisis Fenomena Penipuan dengan Teknik Rekayasa Sosial”, UGM, 2020 “Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Cyber Crime dan Cyber Law)”

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.

Sugiyono. (2017&2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Sosial: Konsep-konsep Kunci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Media Sains Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v6i2.15433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridwan M.T

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.