PERANCANGAN DESAIN 3D SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA MESIN PENETAS TELUR AYAM DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v8i2.25363Keywords:
Internet of Things, Mesin Penetas Telur Ayam, Animasi 3D, Blender, Media promosi .Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan desain 3D sebagai media promosi untukmesin penetas telur ayam berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakansoftware Blender. Dengan memanfaatkan teknologi IoT, mesin penetas telur inidirancang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses penetasantelur ayam. Animasi 3D digunakan sebagai alat promosi yang mampu memberikanvisualisasi yang realistis dan informatif mengenai produk, sehingga dapat menarikminat dan pemahaman konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwaanimasi 3D yang dibuat mendapatkan skor rata-rata 4.27 dari ahli media dan 4.67 dari ahli materi, yang mengindikasikan bahwa animasi ini sangat efektif sebagaimedia promosi. Evaluasi dari para ahli menunjukkan bahwa animasi ini mampumenampilkan produk dengan jelas dan mudah dipahami oleh audiens, mencakupinformasi penting mengenai fungsi dan fitur produk, serta menarik secara visual. Pengujian terhadap 25 responden masyarakat umum juga menunjukkan hasil yang sangat positif dengan rata-rata nilai di atas 4.48 untuk setiap pertanyaan, menandakan bahwa iklan animasi ini sangat menarik, informatif, berkualitas, mudah dipahami, dan efektif dalam mempromosikan produk. Distribusi animasidilakukan melalui platform media sosial seperti YouTube untuk mencapai audiensyang lebih luas. Penelitian ini berhasil menciptakan metode praktis dan perspektifbaru bagi industri peternakan dalam meningkatkan daya saing dan penjualanproduk mesin penetasan telur ayam melalui iklan berbasis animasi 3D yang visual dan informatif.Downloads
Published
2024-10-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).