PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MEDIA CHEMSCETCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4000Keywords:
kooperatif, media chemschetch, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Negeri 3 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak empat kelas yang terdiri dari 2 kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Medan dan 2 kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Masing – masing kelas dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah siswa keseluruhan untuk kelas kontrol dan eksperimen adalah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisa data dilakukan dengan paired sampel uji T melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar siswa.References
Amiyati, D.L., Mariono, A. 2010. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa daerah Pokok Bahasan Aksara Jawa Kelas VII di SMP 2 Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No. 2 Oktober 2010. Universitas Negeri Surabaya.
Ali, M. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal. Vol 5 No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anonim. 2001. Creativity and Creative Thinking. Infinite Innovation, Ltd.
Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. CV. Yrama Widya. Bandung.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: DitjenDikdasmen Direktorat Dikmenum.
Enden, M.“Pengaruh Pembelajaran KIMIA Dengan Pendekatan Open- Ended Terhadap Kemampun Berfikir Kreatif mtematika Siswa SMA Bandung”. Tesis Magister pendididkan, PPs Universitas Pendidikan Indonesia
Feldman, M.B. 2001. Open Ended Mathematic Project. EDU658. [online].
Gulo. W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Grasindo. Jakarta.
Harjanto. (1996 : 43). Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta. Jakarta.
Agustina, K., Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Rumus Kimia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMP/MTs, Tesis, PPs Unimed.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Dahar, R.W.1996. Teori-Teori Belajar.Erlangga. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah menengah pertama [Online] Tersedia : http://www.puskur.com
Hallinger, P.2005. Integrating Learning Technologies and Problem-based Learning. Proceeding of Thr Second International Coference one Learning for Knowledge-Based Society.Bangkok. Thailand.
Ibrahim, dkk,.2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.
Ikhsan, M. 2006. Prinsip Pengembangan Media Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).