PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MEDIA CHEMSCETCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Siti Nurlani Harahap Universitas Nahdatul Ulama Sumatera Utara
  • Muhammad Fadlan Siregar Universitas Tjut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4000

Keywords:

kooperatif, media chemschetch, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Negeri 3 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak empat kelas yang terdiri dari 2 kelas X  Madrasah Aliyah Negeri 2 Medan dan 2 kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Masing – masing kelas dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah siswa keseluruhan untuk  kelas kontrol dan eksperimen adalah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisa data dilakukan dengan paired sampel  uji T melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar siswa.

References

Amiyati, D.L., Mariono, A. 2010. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa daerah Pokok Bahasan Aksara Jawa Kelas VII di SMP 2 Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No. 2 Oktober 2010. Universitas Negeri Surabaya.

Ali, M. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal. Vol 5 No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anonim. 2001. Creativity and Creative Thinking. Infinite Innovation, Ltd.

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. CV. Yrama Widya. Bandung.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: DitjenDikdasmen Direktorat Dikmenum.

Enden, M.“Pengaruh Pembelajaran KIMIA Dengan Pendekatan Open- Ended Terhadap Kemampun Berfikir Kreatif mtematika Siswa SMA Bandung”. Tesis Magister pendididkan, PPs Universitas Pendidikan Indonesia

Feldman, M.B. 2001. Open Ended Mathematic Project. EDU658. [online].

Gulo. W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Grasindo. Jakarta.

Harjanto. (1996 : 43). Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta. Jakarta.

Agustina, K., Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Rumus Kimia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMP/MTs, Tesis, PPs Unimed.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Dahar, R.W.1996. Teori-Teori Belajar.Erlangga. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah menengah pertama [Online] Tersedia : http://www.puskur.com

Hallinger, P.2005. Integrating Learning Technologies and Problem-based Learning. Proceeding of Thr Second International Coference one Learning for Knowledge-Based Society.Bangkok. Thailand.

Ibrahim, dkk,.2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.

Ikhsan, M. 2006. Prinsip Pengembangan Media Pendidikan.

Downloads

Published

2019-05-28

Issue

Section

Articles