PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI E-SKRIPSI BERBASIS ANDROID

Rike Mahara, Basrul Basrul

Abstract


Skripsimerupakan suatu karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas akhir untuk memperoleh gelar sarjana dari perguruan tinggi. Untuk membuat skripsi tentunya tidak mudah, mahasiswa harus terlebih dahulu mengajukan judul dari skripsi yang akan dikerjakan ke Program Studi. Selama ini pengajuan judul skripsi masih menggunakan media kertas dan mahasiswa harus mencari dan bertemu langsung dengan calon dosen pembimbing  dari skripsi tersebut. Selain memerlukan waktu yang lama, mahasiswa perlu mengatur jadwal untuk bertemu dengan beberapa calon dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu interface aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mengajukan judul skripsi secara online. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses skripsi yang telah dikerjakan sebelumnya oleh mahasiswa lain, panduan penulisan skripsi, info tentang jadwal seminar proposal atau sidang, dan mengajukan beberapa calon pembimbing yan diminatinya. Rancangan interface aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft Office Power Point

Keywords


interface, mahasiswa, e-skripsi

Full Text:

PDF

References


B. A. Majid, S. Vivianie, and B. Yusuf, “Studi Evaluasi Penggunaan Software Bajakan Di Kalangan Mahasiswa Ftk Uin Ar-Raniry,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, pp. 37–47, 2018.

Y. Rolly and N. Marpaung, “Pemodelan Aplikasi E-Skripsi Berbasis Arsitektur MVC pada STMIK Royal,” Semin. Nas. R., vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2018.

I. P. Ramayasa and I. B. K. S. Arnawa, “Perancangan Sistem Monitoring Pengerjaan Skripsi Pada Stmik Stikom Bali Berbasis Web,” Proc. Konf. Nas. Sist. dan Inform., vol., no., pp. 760–765, 2015.

Y. Nurfadilah and R. Setiawan, “Pengembangan Aplikasi Pengendalian Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Mahasiswa, Dosen, dan Staff USI,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 13, no. 01, pp. 34–40, 2016.

Y. Nuryana; and A. Mulyani, “Pengembangan Aplikasi Pengendalian Skripsi Berbasis Android Untuk Mahasiswa Dan Dosen Title,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 14, no. 2, pp. 58–64, 2017.

D. Wahyuningsih, “Pengembangan Sistem Pembimbing Akademik Secara Online Dengan Memanfaatkan Teknologi Rich Internet Application,” J. Ilm. SISFOTENIKAJu, vol. 7, no. 2, pp. 197–206, 2017.

Mauladi and T. Suratno, “Analisis penentu antarmuka terbaik berdasarkan eye tracking pada sistem informasi akademik universitas jambi,” J. Penelit. Univ. Jambi Seri Sains, vol. 18, no. 1, pp. 64–68, 2016.

A. Nurlifa, S. Kusumadewi, and Kariyam3, “Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter,” Pros. SNATIF2, vol. 1, pp. 333–340, 2014.

T. Chandra, “Evaluasi User Interface Desain Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perguruan Husni Thamrin Medan,” J. TIME, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2013.

L. Rahmelina, “Perancangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi di STMIK Indonesia Padang,” J. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 1–7, 2017.

M. Ichwan and F. Hakiky, “PENGUKURAN KINERJA GOODREADS APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA APLIKASI MOBILE ANDROID,” J. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 13–21, 2011.

H. N. Lengkong, A. A. E. Sinsuw, and A. S. . Lumenta, “Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps,” E-journal Tek. Elektro dan Komput. (, pp. 18–25, 2015.

S. R. JURAMAN, “PEMANFAATAN SMARTPHONE ANDROID OLEH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI DALAM MENGAKSES INFORMASI EDUKATIF,” J. ACTA DIURNA, vol. 3, no. 1, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v2i2.4074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rike Mahara, Basrul Basrul

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.