PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI SCRATCH DAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4722Keywords:
Macromedia Flash 8, Scratch, minat, siswaAbstract
Pada mata pelajaran Animasi 2D di kelas XI Multimedia SMKN 1 Mesjid Raya masih menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 . Padahal masih banyak aplikasi lainnya. Pada penelitian ini, penulis memperkenalkan aplikasi Scratch pada siswa-siswi dengan tujuan agar peneliti dapat membandingkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Animasi 2D menggunakan aplikasi Scratch dan Macromedia Flash 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan sesuai data yang diperoleh. Sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket/kuisioner kepada responden. Kemudian dari hasil angket dilakukan pengolah data dengan menggunakanediting, scoring, dan tabulating. Berdasarkan hasil penelitian, minat belajar siswa menggunakan aplikasi Scratch lebih meningkat dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8. Rata-rata presentase respon siswa terhadap minat belajar pada mata pelajaran Animasi 2D adalah termasuk kriteria sangat tertarik, dengan perolehan rata-rata skor 97,48 dan persentase 81,2%. Sedangkan hasil frekuensi nilai rata-rata minat belajar Animasi 2D adalah siswa mencapai kriteria minat belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran Animasi 2D, dengan perolehan skor 81,2.References
Al Rasyid, Harun. (2016). “Perancangan Video Klip Animasi 2d Lagu Anak-Anak“ Mengenal Warna Dalam Bahasa Inggris”. Skripsi. Yogyakarta :Universitas Negeri Yogyakarta.
Amin, Ainul. (2016).”Pembuatan Film Animasi Cara Umrah Sesuai Sunnah Rasul Menggunakan Software Blender”.Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Amor, Neolaka& Grace Amialia A. neolaka. (2017). Landasan Pendidikan
Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok :Kencana.
Amrullah, Satria Nur Karim. (2015). ”Pengembangan Media Pembelajaran
Online Berbasis Scratch Pada Pokok Bahasan Getaran”.Skripsi. Semarang :Universitas Negeri Semarang.
Khamim. (2012). “Efektifitas Penggunaan Power Point dalam Pembelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 3 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Yogyakarta.
Kordaki, M. (2010). Diverse Categories of Programming Learning Activities could be performed within Scratch, dalam, Journal (Procedia-Sosisal and Behaviour Scirnces,46:1162-1166).
Mariana, Yenni. (2017). Film Animasi 3D JurnalisSindo, dalam ,Jurnal Seni Desain dan Budaya Vol. 2 No. 1.
Muazzinah, Busratun. (2016). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa Di Kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar”.Skripsi. Banda Aceh :Universitas Islam NegeriAr-Raniry.
Munandar, Arief. (2014). ”Pembuatan Animasi Campus Profile Menggunakan
Adobe Flash Cs5 Berbasis Multimedia Interaktif Pada Stmik U’budiyah Indonesia”.Skripsi. Banda Aceh: Ubudiyah Indonesia Banda Aceh.
Nilawasti, dkk, 2013, Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung
Nugraha, Muhammad Ian. (2015). ”Efektivitas Media Interaktif Berbasis Scratch Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Di SmaTeuku Umar Semarang”. Skripsi. Semarang :Universitas Negeri Semarang.
Putri, Zahwa Syah; Rakhmawati, Fibri;, 2018, Pengaruh Multimedia Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Poko Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII di MTs Al-Ulum Medan, AXIOM: Vol. VII, No. 1,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).