ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMK KABUPATEN ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v3i2.6281Keywords:
Teknologi, Informasi, Pendidik, Tingkat PemahamanAbstract
Teknologi informasi memberi pengaruh besar terhadap aktifitas pada sektor pendidikan diantaranya pada pendidikann sekolah menengah atas maupun tingkat pendidkan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dengan bijak, dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat, seperti bagi tenaga pendidik. Sehingga, seorang pendidik harus dapat memahami penggunaan teknologi informasi ketika melakukan proses belajar mengajar di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud melihat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi di tiga sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh. Observasi dan penyebaran angket adalah dua langkah pengumpulan datapada penelitian ini. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 22.0. Uji yang penulis lakukan untuk penelitian ini diantaranya adalah uji validitas, reliablitas, normalitas, dan uji korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan variabel-variabel yang penulis teliti. Hasil penelitian didapat bahwa, tingkat pemahaman penggunaaan teknologi informasi pada tiga sekolah kurang baik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.References
A. Prajana, “Persepsi Dosen Terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UIN Ar-Raniry dengan menggunkan Teknologi Acceptance Model (TAM),” Pus. Penelit. dan Penertiban Lemb. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., 2012.
Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.
C. Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2014.
A. Mudlofir, Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Raja Wali Pers, 2013.
E. Puspitasari, “Pemetaan Kemampuan Guru Paud dalam melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini,” SOROT, vol. 8, 2013.
B. Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka, 2008.
“R & D ) / Sugiyono Metode penelitian bisnis ( pendekatan kuantitatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono Metode penelitian pendidikan ( Pendekatan kuatintatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono,” p. 2013, 2013.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).