ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMK KABUPATEN ACEH BESAR

Authors

  • Ade Wanti Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Khairan AR Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Andika Prajana Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/cj.v3i2.6281

Keywords:

Teknologi, Informasi, Pendidik, Tingkat Pemahaman

Abstract

Teknologi informasi  memberi  pengaruh  besar  terhadap aktifitas pada sektor pendidikan diantaranya pada pendidikann sekolah menengah atas maupun tingkat pendidkan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dengan bijak, dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat, seperti bagi tenaga pendidik. Sehingga, seorang pendidik harus dapat memahami penggunaan teknologi informasi ketika melakukan proses belajar mengajar di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud melihat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi di tiga sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh. Observasi dan penyebaran angket adalah dua langkah pengumpulan datapada penelitian ini. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 22.0. Uji yang penulis lakukan untuk penelitian ini diantaranya adalah uji validitas, reliablitas, normalitas, dan uji korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan variabel-variabel yang penulis teliti. Hasil penelitian didapat bahwa, tingkat pemahaman penggunaaan teknologi informasi pada tiga sekolah kurang baik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

References

A. Prajana, “Persepsi Dosen Terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UIN Ar-Raniry dengan menggunkan Teknologi Acceptance Model (TAM),” Pus. Penelit. dan Penertiban Lemb. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., 2012.

Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.

C. Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2014.

A. Mudlofir, Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Raja Wali Pers, 2013.

E. Puspitasari, “Pemetaan Kemampuan Guru Paud dalam melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini,” SOROT, vol. 8, 2013.

B. Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka, 2008.

“R & D ) / Sugiyono Metode penelitian bisnis ( pendekatan kuantitatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono Metode penelitian pendidikan ( Pendekatan kuatintatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono,” p. 2013, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Downloads

Published

2019-02-13

Issue

Section

Articles