ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v4i1.7132Keywords:
Game, Animasi, Mahasiswa, Media PembelajaranAbstract
Penelitiant ini bertujuan merancang media belajar dalam bentuk game. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research and Dvelopment ). Dalam tahapan proses penelitian ini ada tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian media diuji coba oleh siswa, setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, barulah kemudian dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui kelayakan dilapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar dengan melibatkan 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, kemudian data yang diproleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli materi dengan nilai nilai rata-rata 4,65 (sangat layak), ahli media dengan nilai rata-rata 4,35 (sangat layak) dan hasil uji coba oleh mahasiswi dengan nilai rata-rata 4,44 ( sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Student Adventure” layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar.References
Reynaldo Frederikus, Nainggolan 2017 “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Game Adventure berbasis 2D menggunakan Adobe Flash CS6 ActionScript 3.0” Skripsi, Medan : Universitas Sumatra Utara Medan
Gita Abadi , Rizky 2016 “rancang bangun aplikasi game fun with physic berbasis android” Skripsi, Makassar : UIN Alaluddin Makassar.
Muliawan Indrayono, Jati 2017 “pengembangan game edukasi “students explore” untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi peninggalan dan tokoh sejarah masa hindu-buddha kelas v di mi al-khaeriyah kota semarang” Skripsi , Semarang:Universitas Negeri Semarang
Sunmaryati , Reni, Resiani, 2017 “sejarah game, dan perkembangan game online” , Vol III, no 1, April 2017.
Bahtiar, Najibah 2013 “dampak teknologi permainan modern terhadap kehidupan anak dan remaja”,Skripsi, Makassar : Uinversitas Hasanuddin, Makassar.
Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, 2002 “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” Volume: 01, Nomor: 01, April 2002 ISSN 2579-5341
Afif Syarifuddin Muzaqqi, 2014 “Rancang bangun pairs game 3 dimensi pahlawan nasional indonesia menggunakan metode fisher yates sebagai pembangkit permainan” Skripsi, Malang : Uin Maulan Malik Ibrahim, 2014.
Nur’Afif ,Arif Sulistiyono, (2017) : Penciptaan Film Animasi “Afeksi” Dengan Teknik Digital 2 Dimensi Melalui Pendekatan Surealis, Journal of Animation and Games Studies, Vol.3,No.1,hlm
Ghea Putri Fatma Dewi, 2012 “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash” Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Satria N.K.A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Getaran. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).