ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA

Sulaiman Aula, Hendri Ahmadian, Basrul Abdul Majid

Abstract


Penelitiant ini bertujuan merancang media belajar dalam bentuk game. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research and Dvelopment ). Dalam tahapan proses penelitian ini ada tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian media diuji coba oleh siswa, setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, barulah kemudian dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui kelayakan dilapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar dengan melibatkan 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, kemudian data yang diproleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli materi dengan nilai nilai rata-rata 4,65 (sangat layak), ahli media dengan nilai rata-rata 4,35 (sangat layak) dan hasil uji coba oleh mahasiswi dengan nilai rata-rata 4,44 ( sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Student  Adventure” layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar.

Keywords


Game, Animasi, Mahasiswa, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Reynaldo Frederikus, Nainggolan 2017 “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Game Adventure berbasis 2D menggunakan Adobe Flash CS6 ActionScript 3.0” Skripsi, Medan : Universitas Sumatra Utara Medan

Gita Abadi , Rizky 2016 “rancang bangun aplikasi game fun with physic berbasis android” Skripsi, Makassar : UIN Alaluddin Makassar.

Muliawan Indrayono, Jati 2017 “pengembangan game edukasi “students explore” untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi peninggalan dan tokoh sejarah masa hindu-buddha kelas v di mi al-khaeriyah kota semarang” Skripsi , Semarang:Universitas Negeri Semarang

Sunmaryati , Reni, Resiani, 2017 “sejarah game, dan perkembangan game online” , Vol III, no 1, April 2017.

Bahtiar, Najibah 2013 “dampak teknologi permainan modern terhadap kehidupan anak dan remaja”,Skripsi, Makassar : Uinversitas Hasanuddin, Makassar.

Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, 2002 “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” Volume: 01, Nomor: 01, April 2002 ISSN 2579-5341

Afif Syarifuddin Muzaqqi, 2014 “Rancang bangun pairs game 3 dimensi pahlawan nasional indonesia menggunakan metode fisher yates sebagai pembangkit permainan” Skripsi, Malang : Uin Maulan Malik Ibrahim, 2014.

Nur’Afif ,Arif Sulistiyono, (2017) : Penciptaan Film Animasi “Afeksi” Dengan Teknik Digital 2 Dimensi Melalui Pendekatan Surealis, Journal of Animation and Games Studies, Vol.3,No.1,hlm

Ghea Putri Fatma Dewi, 2012 “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash” Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Satria N.K.A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Getaran. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v4i1.7132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sulaiman Aula, Hendri Ahmadian, Basrul Abdul Majid



Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

P-ISSN: 2598-2079  //  E ISSN : 2597-9671 

Creative Commons License

Cyberspace is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.