FACTORS OF KNOWLEDGE SHARING BETWEEN STUDENTS FACULTY OF EDUCATION AND TEACHER TRAINING UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v5i2.9525Keywords:
Knowledge-Sharing, Partial Least Square (PLS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kemampuan knowledge sharing dan melihat bagaimana pengaruh knowledge sharing antar mahasiswa. Subjek penelitian yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan angakatan tahun 2016 UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berjumlah 300 orang. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner online dengan media google form. Sementara itu, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) melalui software Smart-PLS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan 3 faktor yang meningkatkan kemampuan knowledge sharing dengan persentase 43.65%, 43.38% dan 40.82% berturut-turut merupakan faktor organisasi, faktor budaya, dan faktor teknologi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan analisis koefisien determinasi PLS sebesar 44.1% yang dapat disimpulkan bahwa budaya, reward, sikap, senang membantu, kaidah timbal balik dan teknologi mempengaruhi kemampuan knowledge sharing mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.
References
A. T. Kurniasih And A. Irhandayaningsih, “Analisis Penerapan Knowledge Sharing Melalui Media Facebook Di Komunitas Kelas Menulis Pustakawan,” 2016.
E. Murgiyanti And Y. Rohmiyati, “Analisis Knowledge Sharing Dalam Forum Komunikasi Pustakawan Dan Pengelola Perpustakaan ( Fkp3 ),” 2016.
R. S. Andra, “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Pt Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Kawi ),” Vol. 61, No. 2, Pp. 30–37, 2018.
U. S. Meylasari And I. N. Qamari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Knowledge Sharing Dalam Implementasi E Learning,” Vol. 8, No. 2, Pp. 238–263, 2017.
O. D. Sopandi And U. S. Saud, “Implementasi Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi Sumber : Dunamis Organization Services,” No. 2, 2016.
R. Pahlevi, “Analisis Dampak Knowledge Sharing Menggunakan Knowledge Management System Pada Efektivitas , Efisiensi , Dan Inovasi : Studi Kasus Bank Indonesia Rizal Pahlevi Abstrak Analysis Impact Of Knowledge Sharing Use Knowledge Management System On Effectiveness ,” 2013.
S. D. Fasmitha, “Pengaruh Knowledge Management Dan Kemampuan Individu Terhadap Kinerja Guru,” 2017.
A. E. Wijaya, “Knowledge Management System Model Pada Forum Diskusi Petani Buah Naga Menggunakan Cms Phpbb,” Vol. 4, No. 1, Pp. 44–51, 2017.
M.-Y. Cheng, J. Ho, And P. Lau, “Knowledge Sharing In Academic Institutions: A Study Of Multimedia University Malaysia,” Electron. J. Knowl. Manag., Vol. 7, No. 3, Pp. 313–324, 2009.
A. Wibisono, M. Anwar, And I. Kirono, “Stuctural Equation Modeling Partial Least Square (Sem Pls) Untuk Mengetahui Kinerja Karyawan Pada Pt. Dempo Laser Metalindo Surabaya,” Vol. 7, 2015.
I. Wingdes, “Pemanfaatan Sem Pls Untuk Penelitian,” Pp. 43–48, 2019.
R. R. Marliana, “Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0,” Vol. 16, No. 2, Pp. 174–186, 2020, Doi: 10.20956/Jmsk.V.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).