Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal Dikalangan Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh

Azis Sali Husin, Nevi Hasnita, Evriyenni Evriyenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh terhadap produk berlabel halal, dan untuk mengetahui faktor yang mendasari keputusan masyarakat dalam membeli produk berlabel halal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh terhadap produk berlabel halal masih rendah, artinya masyarakat belum memahami secara penuh terkait produk makanan berlabel halal sesuai syariah Islam. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendasari keputusan masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh dalam membeli produk berlabel halal yaitu; Faktor Agama, Psikologi, Sosial dan Budaya.

Keywords


Keputusan Pembelian, Produk Makanan Berlabel Halal, Agama, Psikologi, Sosial dan Budaya

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta

Adiwarma Azwar Karim. (2003). Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: IIIT Indonesia.

Ady Syahputra dan Haroni Doli Hamoraon. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan.

Afifuddin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Ahmad M Saefuddin. (2017). Ekonomi dan Masyarakat Dalam Perspektif Islam, Jakatra: Rajawali.

Ahsin W. Alhafidz. (2007). Fikih Kesehatan, Jakarta: Amzah.

Christina Widhya Utami. (2013). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat

Fandy Tjiptono. (2008), Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks

Thamrin & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Ika Yunia Fauzia. (2015) Prinsib Dasar Eonomi Islam, Jakarta: Prenadamedia Groub.

Leon Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks

Lexy J. Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Cet. 22 Bandung: Remaja Rosdakarya

M. Sholahuddin. (2007). Asas-Asas Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mardalis. (2003). Metode Penelitian suatu pendekatan proposal, Jakarta: Bumi Aksara,

Mustafa Kamal Rokan. (2012). Hukum Persaingan Usaha: Teori dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta, Rajawali Press,

Miles Huberman, A.M, dan Saldana, J, (2014). Qualitative Data Analysis,Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,A Methods Sourcebook, Edisi ke-3. USA: Sage Publications,

Nana Syaodih Sukmadinata. (2002). Metode Penelitian Pedidikan, Bandung: Remaja Berkarya.

Nugroho J. Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen, Jakarta: Kencana.

Poerwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendididkan Nasional Balai Pustaka.

Philip Kotler & Garry Armstrong. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi. Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Prathama Rahardja, (2006). Teori Ekonomi Mikro, Edisi ketiga Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia.

Richard Daft. (2012). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Rosady Ruslan. (2001). Metode Penelitian PR dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Rers.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Aneka Cipta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.

Sutono. (2018). Perilaku Konsumen Muslim dalam Mengkonsumsi Produk Halal Food Perspektif Maqasid al- Shari’ah al-Syatibi (Studi Pada Pasar Sepanjang–Taman-Sidoarjo), Sidoarjo

Yusuf Al-Qardhawi. (2007). Fiqh Al Zakah. Jakarta: Pustaka Nasional.

Yuli Rasma. (2019). Analisis Komparatif Labelisasi Halal pada Produk Kosmetik dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat di Kec. Syiah Kuala dan Kec. Kuta Alam. Banda Aceh

Zuliana dan Irwan Padli. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v3i1.10035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Azis Sali Husin, Nevi Hasnita, Evriyenni Evriyenni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .