Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal Dikalangan Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v3i1.10035Keywords:
Keputusan Pembelian, Produk Makanan Berlabel Halal, Agama, Psikologi, Sosial dan BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh terhadap produk berlabel halal, dan untuk mengetahui faktor yang mendasari keputusan masyarakat dalam membeli produk berlabel halal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh terhadap produk berlabel halal masih rendah, artinya masyarakat belum memahami secara penuh terkait produk makanan berlabel halal sesuai syariah Islam. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendasari keputusan masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh dalam membeli produk berlabel halal yaitu; Faktor Agama, Psikologi, Sosial dan Budaya.References
Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta
Adiwarma Azwar Karim. (2003). Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: IIIT Indonesia.
Ady Syahputra dan Haroni Doli Hamoraon. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan.
Afifuddin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Ahmad M Saefuddin. (2017). Ekonomi dan Masyarakat Dalam Perspektif Islam, Jakatra: Rajawali.
Ahsin W. Alhafidz. (2007). Fikih Kesehatan, Jakarta: Amzah.
Christina Widhya Utami. (2013). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat
Fandy Tjiptono. (2008), Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks
Thamrin & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Ika Yunia Fauzia. (2015) Prinsib Dasar Eonomi Islam, Jakarta: Prenadamedia Groub.
Leon Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks
Lexy J. Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Cet. 22 Bandung: Remaja Rosdakarya
M. Sholahuddin. (2007). Asas-Asas Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mardalis. (2003). Metode Penelitian suatu pendekatan proposal, Jakarta: Bumi Aksara,
Mustafa Kamal Rokan. (2012). Hukum Persaingan Usaha: Teori dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta, Rajawali Press,
Miles Huberman, A.M, dan Saldana, J, (2014). Qualitative Data Analysis,Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,A Methods Sourcebook, Edisi ke-3. USA: Sage Publications,
Nana Syaodih Sukmadinata. (2002). Metode Penelitian Pedidikan, Bandung: Remaja Berkarya.
Nugroho J. Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen, Jakarta: Kencana.
Poerwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendididkan Nasional Balai Pustaka.
Philip Kotler & Garry Armstrong. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi. Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Prathama Rahardja, (2006). Teori Ekonomi Mikro, Edisi ketiga Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia.
Richard Daft. (2012). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Rosady Ruslan. (2001). Metode Penelitian PR dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Rers.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Aneka Cipta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.
Sutono. (2018). Perilaku Konsumen Muslim dalam Mengkonsumsi Produk Halal Food Perspektif Maqasid al- Shari’ah al-Syatibi (Studi Pada Pasar Sepanjang–Taman-Sidoarjo), Sidoarjo
Yusuf Al-Qardhawi. (2007). Fiqh Al Zakah. Jakarta: Pustaka Nasional.
Yuli Rasma. (2019). Analisis Komparatif Labelisasi Halal pada Produk Kosmetik dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat di Kec. Syiah Kuala dan Kec. Kuta Alam. Banda Aceh
Zuliana dan Irwan Padli. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work