Pengaruh Tempat, Harga Jual, Produk, serta Keramahan Pedagang Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Marketing Syariah

Ira Mulia Safitri, Nilam Sari, Kamal Fachrurrozi

Abstract


Saat ini bisnis kuliner sangat berkembang, baik yang dijual dalam bentuk daring ataupun secara langsung. Komponen yang paling penting dari pemasaran yaitu dapat ditinjau harga jualnya, tempat, produk yang diperjual belikan kemudian kualitas pelayanan yang diberikan oleh para pembisnis dimana hal ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan factor yang mempengaruhinya yaitu harga, kenyamanan tempat, kualitas makanan dan minuman, dan keramahan di REX Peunayong Banda Aceh. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian dengan menggunakan rumus slovin sedangkan populasinya adalah selruh penduduk Kota Banda Aceh yang pernah berkunjung ke REX Peunayong Banda Aceh. analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan uji asumsi klasik , analisis regresi liner berganda, koefisien determinas (R2) dan pengujian hipotesisnya yaritu uji F dan Uji  T.  Hasil penelitian ini membuktikan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, demikian juga halnya dengan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variable produk dan variabel pelayanan pedagang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di REX Peunayong Banda Aceh.

Keywords


Harga Jual, Tempat, Produk Makanan dan Minuman, Keramahan Pedagang,

Full Text:

PDF

References


Ali. (1985). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, M. (2016). Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 291–306.

Alma, Buchari. (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Amanah, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114

Arief, Furchan. (2005). Pengantar Penelitian dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A.S. Moenir. (1992). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Dianto, Indra Wahyu. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Waroeng Steak & Shake Jl. Cendrawasih No. 30 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Giese, J.L. and Cote, J.A. (2000) Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Hakim, Abdul. (2006). Analisis Pengaruh Motivasi Dan Iklim Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. JRBI. Vol 2. No2. Hal 165-180

Hilal, S. (2014). Konsep Harga dalam Ekonomi Islam (Telah Pemikiran Ibn Taimiyah). Asas, 6(2), 16–28.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Kaunang, C. dkk. (2017). 101 Travel Tips & Stories Indonesia 1 Panduan dan Cerita Perjalanan Seru di 13 Daerah di Nusantara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khusaini, Ahmad. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di SPA Club Arena Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Kurniawan, R., dan Budi Y. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Kurriwati, N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kupuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 48–55.

Kotler, P and Gary A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia

Kolcaba, K. (2003). Comfort Theory and Practice: A Vision For Holistic Health Care and Research. New York: Spinger Publishing Company.

Margaretha S. dan Edwin J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembeli Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Mongka, Lotje K, J. S. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, dan tempat terhadap kepuasan konsumen pada pasar tradisional Remboken. Gladis Mongkau, 5(2), 2469–2477.

Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265.

Paul, A. S dan William D.N. (1997). Mikroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Putro, S., Semuel, H., & Brahmana, R. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404

Rahmadhani, H. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Rianda, W., (2017). Kajian Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Publik Rex Kota Banda Aceh. Jurnal Teknik Sipil, 1(2), 485–498.

Sari, N. (2012). Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam. Jurnal Syariah,

Sari, S. W. (2015). Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dalem Ngabean Resto. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Samuelsom, P.A., dan William D.N. (2001). Mikroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Setiawan, R., Kosasih, K., & Sudrajat, A. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Limasan Kafe Karawang. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 167.

Siddiqi, M. N.(1991).Kegiatan Ekonomi Dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Simamora, B.(2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi.(2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:UII Pers.

Sutopo. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sudarmanto, G. 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stanto, M. (1998). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan, Teori dan Aplikasi dengan SPSS. CV Andi Offiset.

Swasta, Basu dan Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.

Tjiptono, Fandy. (2000). Strtegi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ully, A. (2012). Penerapan Prinsip-Prinsip Islam Dalam Pengaturan Corporate Social Responsibility Di Indonesia. Law Reform, 7(2), 121.

Widodo, Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pedagang Kaki Lima. Journal of Management, 2(2).

Yanggo, H. T. (2013). Makanan dan Minuman dalam Perspektif Hukum Islam. Tahkim, 9, 7.

Yudiaatmaja, F. 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v3i1.10037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ira Mulia Safitri, Nilam Sari, Kamal Fachrurrozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .