PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIKAJI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Survei pada Pelanggan Produk Busana Muslim Toko Ija Kroeng di Banda Aceh)
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v5i2.11550Keywords:
Kesadaran Merek, Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstract
Pokok persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dikaji dalamperspektif ekonomi Islampada pelanggan produk busana muslim Toko Ija Kroeng di Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kinerja (X1), daya tahan (X2), pelayanan (X3), keistimewaan (X4), kehandalan (X5), estetika (X6) dan kesan kualitas (X7) terhadap loyalitas pelanggan produk busana muslim Toko Ija Kroeng di Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan populasi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 70 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan softwareSPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja, pelayanan, keistimewaan, kehandalan, estetika, kesan kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan namun pada daya tahan menunjukkan hasil negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam membeli produk busana muslim Toko Ija Kroeng di Banda AcehReferences
Abdul B, Srikandi K & Kadarisman H. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan
loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan De'Pans pancake and waffle di Kota Malang. administrasi bisnis, 11(1).
Agung K & Ariani P. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Oli Federal di
Wilayah Jakarta Timur (Studi Kasus Pada BengkelResmi AHASS 2657 Dewi Sartika). EconoSains. 10(1).
Agyl S.H. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk
Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Manajemen.
Alfian S.P. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Counter Andris Reload Cellular Madiun.
Equilibrium, 4(1).
Al-Qaradhawi, D. Y. (2019). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani.
Angelia G.S, Sem G.O & Silcyljeova M. (2015). Pengraruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kebijakan Harga Terhadap
Loyalitas Konsumen Pada Kawan Baru Mantos Manado. EMBA, 3(3).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Deny I & Edwin J. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening
Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2).
Dewi K, Suharyono & Andriani K. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
(Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Administrasi Bisnis, 14(2).
Dita A. (2011). Pengaruh promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana
Plaza, Jalan Aksara, Medan. Keuangan dan Bisnis, 3(3).
Gaspersz, V. (2008). Total Quality Managament. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Diponegoro.
Griffin, J. (2005). Customer loyalty. Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Alih bahasa: Dwi kartini yahya.
Jakarta: erlangga.
H. Kartajaya & M.S. Sula. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Haryanto, J. (2009). Inovasi Produk dan Ekspektasi Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen & Bisnis,
(2). Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: Media Utama.
Hasanah R & C. Widodo. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen
Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Manajemen dan
Bisnis, 5(2).
Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P & K. L Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Jilid 1dan 2. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & G. Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Mandzur, I. (2002). Lisan al-Arab, juz 8. Kairo: Darul hadis. Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit,
(2).
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Muflih, M. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Ni Made S.W. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telkom Flexi. Manajemen, 2(5).
Ni Putu H.S & I Made. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada
Produk Kosmetik Hijau Merek The Body Shop. Manajemen, 4(2).
Prawirosentono, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi
Aksara.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). 2008. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasma dengan
bank Indonesia. (2008). Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo.
Rachmad H. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap kepuasan dan Loyalitas Nasabah
Bank Mandiri. Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1).
Rahmi, R & Nelly N. (2018). Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Ija Kroeng di
Kota Banda Aceh. Humaniora, 2(2).
Rangkuti, F. (2004). The Power of Brand Equity dan Strategi pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia.
Ravita D. Y, Suharyono & Yusri A. (2014). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
(Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi di Malaysia). Administrasi Bisnis, 21(1).
Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rivai, V. (2012). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara. Roza F, Yulna D. H & Rizky N. (2014).
Pengaruh Dimensi Kualitas Produk
Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Seluler XL (Studi Kasus Pada Masyarakat Nagari Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti Kab.
Solok. Pendidikan Ekonomi, 1(1).
Safariku. (2015, Oktober 20). Safari.com. Retrieved from https://www.safariku.com/menyingkap-inspirasi-ija-krong-brand-lokalbergaya-internasional-smesconv/
Santoso, S. (2000). SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media.
Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an vol 4. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an vol 10. Jakarta: Lentera Hati.
Sudarmanto, R. (2005). AnalIsis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Supranto. (2008). Statistika Teori dan Aplikasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga. Suwarni & Septina D.M. (2011). Pengaruh
Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Ekonomi Bisnis, 16(1).
Tim Kajian Manhaj Tarbiyah dalam Rubik Aqidah. (2009, Februari 2). Retrieved from dakwatuna.com:
https://www.dakwatuna.com/2009/02/02/loyalitas- dalam-islam/
Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran. Malang: Bayu
media Publishing.
Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.
Zulfa, M. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Citra terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam
Jawa Tengah
Downloads
Published
Issue
Section
License
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work