Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Peningkatan Penjualan Bakpia Ulir Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.22373/xm84r108Keywords:
Bakpia Ulir Surabaya, Bauran pemasaran syariah, Peningkatan penjualan, 4PAbstract
Dalam bauran pemasaran syariah, ada beberapa batasan, yaitu produk yang dijual harus halal dan berkualitas tinggi.
Penetapan harga harus didasarkan pada nilai yang wajar dan tidak boleh dinaikkan secara berlebihan. Lokasi usaha
harus bebas dari sengketa, dan promosi harus dijalankan tanpa unsur penipuan. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasikan di home industry di Gang Benteng
1 No. 31, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Subjek penelitian yang diteliti yaitu Bakpia Ulir
Surabaya milik UD. Oca Surabaya. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data yakni dengan observasi dan wawancara. Analisis data kualitatif yakni dengan melakukan langkah
langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. UD Oca Surabaya mengalami peningkatan setelah
memperoleh sertifikat halal pada tahun 2021. Peningkatan tersebut terlihat dari meningkatnya kepercayaan konsumen
terhadap produk dan jangkauan pemasaran yang menjadi lebih luas. Penerapan bauran pemasaran syariah yang
dilakukan oleh UD. Oca Surabaya telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan produk Bakpia
Ulir Surabaya. Penerapan bauran pemasaran syariah telah memberikan manfaat bagi perusahaan dan juga bagi
konsumen.
References
Arbi, A., Baining, M. E., & Rohana, R. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Penjualan pada Depot Air Minum Isi Ulang Water Zone. … Ilmu Ekonomi Dan …, 2(3).
Bawana, T. A., Arum Indiharwati, Suharyono, Novriansyah, Y., Sunarta, D. A., Bisyriani, A., & Bulqis, R. (n.d.). Pemasaran Syariah (Teori dan Aplikasi Dalam Ekonom Islam). In 2023. 2023.
BPJPH Kemenag. (n.d.). Cek Sertikasi Produk Halal Bakpia Ulir Surabaya.
Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. In PT Grasindo.
Eranandi, J., Setiawan, A., Sari, W. P., A’yun, Q., Aprita, Y., Yupiana, D., … Setiawan, A. (2024). Pemasaran Syariah. In Bandung:Widina Media Utama.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie, Vol. 9, p. 128. Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/j.v9i1.5135
Ibrahim, M. (2021). Metode Penelitian kualitatif Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif. Retrieved from https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Penelitian_kualitatif&action=history
Khoirunissa, N. A., & Dewi, A. (2023). Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Lebah Madu Di Desa Bojong Murni. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 131–141. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7233
Kurniawati, D., Wardani, D. K., Putra, D. E., Wardani, N. A., & Karimah, R. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bakpia di Kabupaten Jember. 23(3), 294–305.
Lusananta, D. T., & Ridlwan, A. A. (2023). Penerapan Bauran Pemasaran Islam untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada Bisnis Kafe Takanagari Sidoarjo. Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.24256/dinamis.v6i1.3426
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Astuti, R. (2023). Penerapan Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Syariah Islam. Jesya, 6(2), 2083–2096. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1251
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Safa’atin, H. N., Anggarwati, D., & Supeno, B. (2022). Marketing Mix : Meningkatkan Volume Penjualan Umkm Di Era Covid-19. Jurnal Manajerial, 21(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/manajerial.v21i1.45537
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Zahrah, Baining, M. E., & Anggraini, D. (2024). Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Toko Bangunan Family Kita Merlung). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 235–249.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulis Setyowati, Saqofa Nabilah Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work