Prilaku Pengusaha Elektronik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (studi Kasus di Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10104Kata Kunci:
Prilaku, pengusaha elektronik, etika, bisnisAbstrak
Peneliti bertujuan melihat perilaku dari pengusaha elektronik di kota Banda Aceh dalam menentukan harga menurut etika bisnis islam dana pa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dari pengusaha elektrronik dalam praktik jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku setiap pengusaha elektronik sangat di pengaruhi dengan motif keuntungan dan merekan tidak mengindahkan nilai-nilai yang terkadung dalam konsep etika Islam dalam bermuamalah dan faktor yang mempengaruhi pengusaha elektronik dalam menjual barangnya adalah merupakan harga, persepsi, kelangkaan dari barang dagangan, pengetahuan dari pengusaha elektronik, kejujuran serta dari segi pelayanan.Referensi
Al- quran Surat An-Nisa ayat 29
Al- quran surat Al-Baqarah ayat 282
Amalia, Fitri. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil, Jurnal Al-Iqtishad: Vol VI No. I.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badroen, Faisal. dkk. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Beekun, Rafiq Issa. (1997). Islamic Business Ethict. Virginia: Internasional Institute of Islamic Thought.
Djakfar, Muhammad. (2008). Etika Bisnis Islami. Malang: UIN Malang Press.
Malahayati. (2010). Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah. Yogyakarta: Jogja Great Publisher.
Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektik Ekonomi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muhammad. (2002). Visi al-quran tentang etika dan bisnis. Jakarta: Salemba Diniyah.
Murniati. (2012). Perilaku Jual beli di Kalangan Pengusaha Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. (Studi Kasus Pengusaha
Buah-buahan di Kota Samarinda). Jurnal Fenomena Vol. IV No. 2.
Naqvi, Syed Nawab. (1993). Ethict and Eco-nomics: An Islamic Syntesis, diterjemahkan oleh Husin Anis: Etika dan Ilmu Ekonomi
Suatu Sintesis Islami. Bandung: Mizan.
Saifullah, Muhammad. (2011). Etika Bisnis Islami dalam Praktik Bisnis Rasulullah. Jurnal walisongo. Volume 19, no. 1.
Smith, Adam. (2005). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations, ed. Jim Manis, The Electronic Classics Series
Hazleton, PA: Pennsylvania State University-Hazleton.
Simorangkir, O. P. Etika Bisnis Islam.
Syafi’i, Rahmad. (2000). Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.
Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work