Kenapa Menggunakan Pegadaian Syariah? Suatu kajian di Tualang Cut, Aceh Tamiang
DOI:
https://doi.org/10.22373/ekobis.v5i1.10327Kata Kunci:
Customer Service Quality, Customer Needs, Image Of Sharia Pawnshops, Customer Decisions, Sharia Pawnshops, Tualang Curt Aceh TamiangAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai di pegadaian syariah cabang Tualang Cut, Aceh Tamiang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pegadaian syariah cabang Tualang Cut dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan perhitungan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas customer service berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,000), variabel tingkat kebutuhan nasabah berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,012) dan variabel citra pegadaian syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (nilai sig. sebesar 0,963). Sedangkan variabel kualitas customer service, tingkat kebutuhan nasabah dan citra pegadaian syariah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai di pegadaian syariah cabang Tualang Cut, Aceh Tamiang (nilai sig. sebesar 0,000). Besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,701 yang berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 70,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Referensi
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ali, Zainuddin. (2008). Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Gramedia Ilmu.
Basyir, Ahmad Azhar. (1983). Hukum Islam Tentang Riba, Utang-Piutang Gadai. Bandung:Al-Maarif.
Bimantoro, Bondan Tejo. (2017). Pengaruh Kebutuhan Nasabah dan Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank
Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Skripsi: IAIN Tulungagung Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi III.
Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta.
Fajar, Taufik. Pegadaian Catat Kinerja Positif di Tengah Pendemi Covid-19. Jakarta: Economy dalam
https://www.economy.okezone.com Diakses pada 25 Agustus 2020.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20,00. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hadijah, Siti. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Cabang
Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis , No.1, Vol. 5.
Hidayati, Fauziatul. (2018). Determinan Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Salatiga.
Huda, Nurul dan Mohammad Heykal. (2010). Landasan Ijma’ tentang Rahn. Jakarta: Kencana
Jamaan, Royhan. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Serta
Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Jasfar, Farida. (2009). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indah.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Juliandi, Azuar dan Irfan. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Bisnis. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.
Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Karra, Muslimin. (2013). Statistik Ekonomi. Makassar: UIN Alaudin Makassar.
Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran: Analisis, Implementasi dan Kontrol, edisi ke-9 Jilid 1 (terjemahan: A.B Susanto).
Jakarta: Salemba 4.
Kuat, Ismanto. (2009). Manajemen Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lupriyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Selemba Empat.
Mamang, Etta. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Jakarta: Prenamedia Grup.
, (2014). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, Cet 1, Jakarta: Kencana.
Melissa. (2016). Pengaruh Kebutuhan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartphone di Galeri Smartfren
Manado. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Sam Ratulangi Manado.
Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad. (2004). Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin Pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.
Mulazid, Ade Sofyan. (2012). Kedudukan Sistem Pegadaian Syariah. Kementrian Agama RI.
Nasution, S. (2008). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Ningsih, Tri Surya. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah di
Pegadaian Syariah Solo. Skripsi: IAIN Salatiga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Nurlatifa. (2016). Analisis Pengaruh Informasi Gadai, Kualitas Jasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pegadaian Syariah Cabang Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal EBIS Vol.2 No.2 April 2016. Medan: UIN
Sumatera Utara.
Peraturan Pemerintah No 10 Tahun 1990 pasal 3 ayat 1a tentang Lembaga Gadai.
Puspaningtyas, Lipa. Per Mei 2019 Pegadaian Syariah Tumbuh 42,79%, Jakarta: Syariah Ekonomi dalam
https://www.m.republika.com Diakses pada 25 Agustus 2020.
Rozalinda. (2015). Ekonomi Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rukmanasari, Feti. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menggunakan Jasa
Pegadaian Syariah Majapahit Semarang. Skripsi: IAIN Salatiga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Ruslan, Rosady. (2006). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Edisi Revisi, Cet 7. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Santoso, Singgih. (2000). Buku Latihan SPSS Statistika Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Grup.
Setiani. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Dalam Perspektif
Ekonomi Islam. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung.
Sholichah, Dwi Nur. (2005). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Layanan
Gadai di Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara. Skripsi: Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta.
Silviana, Dewi. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Pegadaian
Syariah Cabang Sidoarjo. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Fakulltas Ekonomi dan Bisnis Islam Surabaya.
Soemirat, Soleh. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sopiah dan Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Sudrajat, M. Subono. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratma. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Supriyadi, Ahmad. (2010). Pegadaian Syariah. Kudus: Fima Rodheta Bekerjasama dengan STAIN.
Susilowati, Diah. (2020). Pengaruh Produk Gadai, Nilai Taksiran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah
Menggunakan Jasa Gadai di Pegadaian Syariah Cab Sukharjo. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syafei, Rahmat. (1995). Konsep Gadai; Ar-Rahn dalam Fikih Islam Antara Nilai Sosial dan Nilai Komersial dalam Huzaimah T.
Yanggo, Problematika Hukum Islam Kontemporer III. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan cet. II.
Syakir, Syaikh Ahmad. (2014). Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir (Terj: Suharlan). Jakarta: Darus Sunnah.
Tarigan, Azhar Akmal. (2013). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Ekonomi Islam. Medan: Wal Ashri Punlishing.
Tim Dosen Ekonometrika dan Tim Asisten Praktikum. (2015). Buku Pedoman Praktikum Ekonometrika. Malang: Universitas
Brawijaya.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2011). Total Quality Management (TMQ). Yogyakarta: Bayumedia Publishing.
Ulinuha, Ahmad. (2010). Pengaruh dan Pelayanan dan Citra Pegadaian Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Dalam
Menggunakan Jasa Layanan Gadai Pada Pegadaian Syariah Cabang Majapahit Semarang. Skripsi: Fakultas Ekonomi
Islam IAIN Walisongo Semarang.
Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
. (2008). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
Wiratma, Sujarweni, V dan Poly Endrayanto. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work