Fermentasi Limbah Kulit Durian Menjadi Cuka Organik Dengan Menggunakan Acetobacter aceti

Irhamni Irhamni, Diana Diana, Saudah Saudah, Ernilasari Ernilasari, Mulia Aria Suzanni, Dewi Mulyati, Lukmanul Hakim

Abstract


Cuka merupakan hasil olah makanan dari proses fermentasi glukosa dengan menggunakan Sacharomyces cervisiae menghasilkan etanol. Fermentasi etanol secara aerob dengan menggunakan bakteri Acetobacter aceti menghasilkan asam cuka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fermentasi, kemurnian cuka dianalisis dengan menggunakan GC-MS. Hasil yang didapatkan pembentukan asam cuku terbaik terbentuk pada minggu ke-3 hingga ke-4 dengan pH 3,5, dengan puncak kromatogram pada waktu retensi 8,473. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan upaya pemberdayaan dalam meminalisir volume limbah dengan mengolah menjadi produk yang ekonomis


Keywords


limbah; kulit durian; cuka organik; Acetobacter aceti

Full Text:

PDF

References


Arianna. R., Dante, M. F., Simone, G., Roberta, D., dan Milena, L, (2015). Effect of pre-treatments on the saccharification of pineaple waste as a potential source for vinegar production. Journal Elsevier journal of cleaner production 112.

Irhamni., Diana, Saudah, Mulyati. D, Viena. V, Suzanni, M. A, dan Ernilasari. 2017. Produksi Bioetanol dari Limbah Kulit Durian. Prosiding Semdi Unaya.Universitas Abulyatama.

Nurismanto, R., Mulyani. T dan Tias D.I.N. 2014. Pembuatan Asam Cuka Pisang Kepok (Musapardisiaca L.) Dengan Kajian Lama Fermentasi dan Konsentrasi Inokulum (Acetobacter aceti). J. Rekapangan. 8 (2): 149-155.

Raji, Y.O., Jibril, M., Misau, I.M., Danjuma, 2012. By-Production of Vinegar From Pineapple peel. Int. Adv. Sci. RES.Tech. 3 (2), 656-666.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekw.v5i1.3902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irhamni Cut Irhamni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN : 2460-8912
E-ISSN : 2460-8920

ELKAWNIE

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology in 2022. Published by Faculty of Science and Technology in cooperation with Center for Research and Community Service (LP2M), UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

View full page view stats report click here

Flag Counter