Kemampuan Guru Paud dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya

Misbahul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PAUD dalam mengintegrasikan nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik pada rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) anak usia dini di Kabupaten Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru yang mengajar di lima PAUD kategori anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Pidie Jaya. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis dokumen RPPH. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik dalam RPPH sangat bervariasi. Dari lima guru yang diteliti, pada kegiatan awal dan penutup sudah mengintegrasikan ketiga nilai dengan baik. Akan tetapi pada kegiatan inti tidak ada satupun guru yang mampu mengintegrasikan nilai keagamaan, sedangkan nilai saintifik hanya satu guru yang mampu memunculkan dalam RPPH. Oleh karena itu diharapkan pada pihak sekolah untuk memberikan kesempatan bagi para guru PAUD untuk mengikuti pelatihan tentang bagaimana mengembangkan RPPH berbasis kurikulum 2013 sehingga pengintegrasian nilai keagamaan, nilai sosial dan nilai saintifik dalam RPPH dan pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat terlaksana dengan baik.

Keywords


Kemampuan guru, Integrasi nilai keagamaan, nilai sosial, nilai saintifik dan Pembelajaran di PAUD

Full Text:

PDF

References


Bredekamp, Sue (Editor), DAP in Early Childhood Programs Serving Children From Birth Through Age 8, Washington DR: NAEYC. 1997. Creswell, J. W, Educational recearch: Planning, conducting. And evaluating quantitative and qualitatif recearch. Upper Sadler River, New Jersey: Meril Prantice Hall. 2012. Depdiknas. Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas, 2004 Direktorat Tenaga Teknis, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun. Jakarta; Ditjen PLSP – Depdiknas. 2003. Djahiri. K, Pendidikan Nilai dalam Sains. Bandung; Humaniora. 2002. Fraenkel , J.R., Wallen, N.E., Hyun, H.H. How to design and evaluate research in education. Ed. ke 8. Singapore : McGraw-Hill.2012. Hurlock, E.B, Perkembangan Anak. Jakarta; Erlangga. 1991. Imam Makruf, dkk. Modul 7 Guru Kelas Raudhatul Athfal.Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk RA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2015. Kemendikbud. Rambu-rambu penyusunan RPP kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Nasional: Jakarta. 2013. Mulyasa. E, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung; Remaja Rosdakarya. 2005. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Nomor.20 Tahun 2003 Yudianto. S, Pengembangan dan Penanaman Pendidikan Nilai. Bandung; UPI Press. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v3i1.1945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

INDEXED BY:

VISITORS:

Flag Counter

UNIQUE VISITS

View My Stats

Creative Commons License

Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.