POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK USIA DINI DI TK TIGA SERANGKAI DESA MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

muth - mainnah, Heliati Fajriah, Luthfiani Roemin

Abstract


Pola asuh merupakan suatu proses membimbing, mendidik, dan mendisiplinkan yang dilakukan oleh orangtua pada anak untuk mencapai kemandirian dengan menerapkan norma-norma tertentu yang ada dalam keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola asuh orangtua pada anak usia dini di TK Tiga serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56 % atau 10 orangtua menerapkan pola asuh demokratis, 33 % atau 6 orangtua menerapkan pola asuh permisif, dan 11 % atau 2 orangtua menerapkan pola asuh otoriter. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orangtua anak di TK Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat.


Keywords


Pola Asuh Orangtua, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ariyanti Novelia Candra, dkk. 2017. Gaya Pengasuhan Orangtua Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3. No. 2.

Conny R. Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Dwi Anita Apriastuti. 2013. Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol. 4. No. 1 edisi Juni.

Efri Widianti.2017.Gambaran Pola Asuh Orangtua Anak Usia Prasekolah di PAUD Qurrata Ayun Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Stikes Dharma Husada Bandung.

John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Bandung: Erlangga.

Meity H. Idris. 2012.Pola Asuh Anak. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Mumayzizah Miftahul Jannah. 2017. Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Taman Kanak-Kanak ABA Jogokaryan Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 6 Tahun ke- 6.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.

Syifa Khoirunisa. 2015. Gambaran Pola Asuh Orangtua yang Dipersepsikan Remaja SMA Negeri Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume III. No. 2September.

UU tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Yuni Setia Ningsih. 2007. Upaya Pendidikan Emosional Anak dalam Keluarga. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v7i1.8536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muth - mainnah, Heliati Fajriah, Luthfiani Roemin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

VISITORS:

Flag Counter

UNIQUE VISITS

View My Stats

Creative Commons License

Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.