POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK USIA DINI DI TK TIGA SERANGKAI DESA MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8536Keywords:
Pola Asuh Orangtua, Anak Usia DiniAbstract
Pola asuh merupakan suatu proses membimbing, mendidik, dan mendisiplinkan yang dilakukan oleh orangtua pada anak untuk mencapai kemandirian dengan menerapkan norma-norma tertentu yang ada dalam keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola asuh orangtua pada anak usia dini di TK Tiga serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56 % atau 10 orangtua menerapkan pola asuh demokratis, 33 % atau 6 orangtua menerapkan pola asuh permisif, dan 11 % atau 2 orangtua menerapkan pola asuh otoriter. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orangtua anak di TK Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat.
References
Ariyanti Novelia Candra, dkk. 2017. Gaya Pengasuhan Orangtua Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3. No. 2.
Conny R. Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Dwi Anita Apriastuti. 2013. Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol. 4. No. 1 edisi Juni.
Efri Widianti.2017.Gambaran Pola Asuh Orangtua Anak Usia Prasekolah di PAUD Qurrata Ayun Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Stikes Dharma Husada Bandung.
John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Bandung: Erlangga.
Meity H. Idris. 2012.Pola Asuh Anak. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Mumayzizah Miftahul Jannah. 2017. Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Taman Kanak-Kanak ABA Jogokaryan Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 6 Tahun ke- 6.
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.
Syifa Khoirunisa. 2015. Gambaran Pola Asuh Orangtua yang Dipersepsikan Remaja SMA Negeri Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume III. No. 2September.
UU tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Yuni Setia Ningsih. 2007. Upaya Pendidikan Emosional Anak dalam Keluarga. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender Studies allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.