PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA MI

Misbahul Jannah

Abstract


Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pembelajaran dimana guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menerapkan topik masalah dan proses pembelajaran diarahkan agar siswa mampu menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memperbaiki system pembelajaran. Dengan PBL siswa dihadapkan pada pengalaman belajar yang otentik dan keterampilan memecahkan masalah, yaitu dengan cara siswa dihadapkan pada masalah – masalah yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dan menganalisis peningkatan keterampilan berfikir keritis dan penguasaan konsep IPA pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain “A Randomize pre test ps test group design”. Pada kelas eksperimen menggunakan model PBL dan pada kelas kontrol menggunakan model non PBL. Subyek penelitian adalah para siswa kelas V MIN model dan MIN rukoh kota banda aceh. Pengelolaan data dilakukan menggunakan analisis statistik melalui teknik uji beda rata rata satu pihak (1-tailed) dengan batas signifikansi 95%. Peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan terpikir kritis siswa dilihat melalui N-Gain siswa. Hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa N-Gain penguasaan konsep IPA siswa kelas V MIN melalui Pembelajaran Model PBL 0,58 dan model non PBL 0,21, sedangkan N-Gain keterampilan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran model PBL 0,24 dan Model Non PBL 0,23. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep IPA dan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V MIN melalui pembelajaran model PBL dibandingkan dengan model non PBL (Konvensional). Dengan hasil tersebut diharapkan model Problem based Learning dapat dijadikan guru sebagai alternative pembelajaran IPA di madrasah Ibtidaiyah.

Keywords


Problem based learning (PBL), Penguasaan Konsep IPA keterampilan berfikir kritis siswa MI

References


Akdon, (2007). aplikasi statistika dan metode penelitian untuk administrasi dan manajemen, Bandung: Dewa Ruchi

Akinoglu.O dan tandogen.R.O, (2007). The effects of problem – based active learning in science education on students Academic Achievment, Attitude and Consept Learning, Eurasia journal of mathematics, science & Technology Education. 3, (1), 71 – 81

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna W. (1989). Teori – teori belajar. Jakarta, Erlangga

Iskandar, S.M. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Liu, Min (2005). Motivating Students Through Problem – based Learning. Austin: Dept. of curriculum & instruction: University of texas

Meltzer, D.E (2002). The Relationship between mathematic Preparation and conceptual learning gain in physics: ‘hidden variable’ in diagnostic pretest scores’. American Journal Of physics, 70, (12), 1259-1267.

Sagala, syaiful. (2007). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta

Sari, Y.D (2005) “Penerapan pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Lab UM Melalui Program Piloting IMSTEP-JICA-FPMIBA-FMIPA UM “. Crosiding seminar nasional: MIPA dan pemebelajarannya & Exchange Experience of IMSTEP 5-6 September. Malang: JICA-IMSTEP FPMIPA UM

Schafersman, steven D. (1991). An introduction To Critical Thinking. tersedia : http://www.freeinquiry.com/critical-thingking.html [5 desember 2009]

Sismanto. 2007. Menakar integrasi IPA dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).[Online]. Tersedia di: http://mkpd.wrdpress.com. [7 oketober 2009]

Suci,N.M (2008). “penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengingatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan ekonomi UNDIKSHA”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Undiksha. 2, (1), 74 – 86

Sudjana, N (2008), dasar – dasar proses belajar mengajar, Bandung: sinar baru Algesindo

Suprapto, (2008), berfikir kritis.[online].Tersedia: http://www.blackwellsynergy.com/toc /med/ 40/6 [4 januari 2009]

Wartono. (2003). Strategi belajar mengajar fisika. Bandung: JICA UNM

Widodo,A. (2007). “peranan lesson study dalam peningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru”. Jurnal varia Pendidikan. 19, (1) 15 – 28

Widodo, A. (2008). Taksonomi dan Pengembangan Butir Soal. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA_UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.