PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK DI SD NEGERI ALURMAS KLUET UTARA ACEH SELATAN

Tihalimah Tihalimah, Hafidaton Hafidaton

Abstract


Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor yang vital dalam penyelenggaraan penidikan dan pembelajaran, karena itu apabila sarana dan prasarana kurang mendukung, maka penyelenggaraan atau pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah tidak dapat berjalan dengan baik. Mutu pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Faktor-faktor dalam proses pendidikan adalah berbagai input, seperti bahan ajar, metodologi dan sarana sekolah. Sedangkan mutu pendidikan dalam konteks hasil pendidkan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh setiap kurun waktu tertentu. Prestasi yang dicapai atau hasil pendidikan (student archievement) dapat berupa hasil tes kemampuan akademis (misalnya ulangan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu peserta didik, mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu peserta didik dan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 dua orang dan siswa 5 2 orang dan 2 orang guru mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa perencanaan sarana dan prasarana yang diterapkan sekolah adalah dengan memusyawarahkan terlebih dahulu dengan guru-guru yang ada disekolah agar sarana dan prasarana itu berguna dan bermanfaat untuk sekolah, pelaksanaan sarana dan prasarana dilakukan disekolah dengan cara menyiapkan buku induk barang inventarisasi, menyiapkan buku golongan barang inventarisasi dan lain sebagainya, kurang nya dana, sarana dan prasarana yang belum memadai menyebabkan pembelajaran dikelas kurang efektif.

Keywords


Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Mutu Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Candra Harun Prasetya. (2019) Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Di MTs Muhamadiyah 1 Gemolong, Sragen Surakarta: IAIN Surakarta

Eca Gesang Mentari dkk. (2020) Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hijaz Pustaka Mandiri

Endang Sri Budi Herawati dkk. (2020) Tata Kelola Administrasi Persekolahan Pasuruan: Qiara Media

Hengki Wijaya. (2018) Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi Indonesia: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Ika Sriyant. (2019) Evaluasi Pembelajaran Matematika Sidoarjo: Uwais Inspirasi Inonsia

Imam Machali dkk. (2018) Teori Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Indonesia. Jakarta: Kencana

Irjus Indrawan. (2015) Pengatar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Yogyakarta: Deepublish

Kompri. (2017) Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana

Muh. Fitra, Luthfiyah. (2017) Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, Sukabumi: Cv Jejak

Muhammad Kristiawa dkk. (2017) Manajemen Pendidikan Yogyakarta: Deepublish, 2017

Rika Ariyani( 2018) Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SLB Buah Hati Kota Jambi Al-afkar, Vol. VI No. 2, 2018

Saihudin. (2018) Manajemen Institusi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Sugiyono. (2015) Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016) Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND, Bandung: Alvabeta Cv

Suhelayanti dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Indonesia: Yayasan Kita Menulis

Suranto. (2019) Inovasi Manajemen Pendidikan Di Sekolah Kiat Jitu Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar Surakarta: CV Oase Grup

Tim Dosen PAI. (2017) Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish

Undang Ruslan Wahyudin. (2018) Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional Yogyakarta: Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i01.10649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.