PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DIRECT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII A SMP SWASTA DARUL ABRAR

Nurbayani Nurbayani, Fauziah Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Thaharah  Siswa Kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar. penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar yang berjumlah 24 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan diskusi. Setelah melalui proses belajar, hasil dari akhir ini penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan baik aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Pada kegiatan prasiklus, siswa yang aktif hanya sekitar 20%. Kemudian di Siklus 1 jumlah siswa aktif meningkat menjadi 50% dan pada Siklus 2 meningkat menjadi 85%. Dalam perolehan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari increase Precycle to Cycle 2 yaitu pada Precycle 50% siswa mendapat nilai diatas KKM, pada Siklus 1 meningkat menjadi 70%, kemudian pada Siklus 2 meningkat lagi menjadi 85%. Oleh karena itu, pembelajaran model Derect Learning memiliki dampak positif bagi proses peningkatan hasil belajar siswa pada materi thaharah di kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar.

Keywords


Direct Learning, PAI, Thaharah

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghofir, Zuhairini. 2006. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam. Malang: UM Pres

Arifin, Zainal. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung :CV Karya

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bruce Joyce, Marsha Weil and Emily Calhoun. 1996. Model of Teaching (PHI Learning, tt)

Budikase, E, dkk, 2014. PAI Untuk SMA . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Idris, S., & Tabrani ZA. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Kardi, Soeparman dan Muhammad Nur, 2004. Pengajaran Langsung. Surabaya: PSMS Unesa

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman, A.M.2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Surya, Muhammad. 2014, 2012. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Surya, Muhammad. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Susilo. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta Pustaka: Book Publisher

Tabrani ZA. (2013). Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan). Serambi Tarbawi, 1(1), 65-84. Tabrani ZA. (2014). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250–270. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.75

Wilis, Ratna. 2014. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i01.10663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.