METODE INOVATIF PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM

Hilmi Hilmi

Abstract



Maharah Kalam (skill berbicara) merupakalan skill yang sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Ketika seseorang mahir dalam berbicara, dia dianggap sudah mampu berkomunikasi dengan komunitas yang menggunakan Bahasa Arab itu. Namun kenyataan yang ditemukan di lapangan, terutama di madrasah-madrasah baik di tingkat Ibtidaiyyah, Tsanawiyah maupun Aliyah kemampuan murid dalam Maharah Kalam sangat lemah, misalnya untuk memperkenalkan diri saja dengan bahasa Arab banyak murid di tingkat Aliyah merasa sulit, padahal mereka sudah belajar bahasa Arab lebih kurang 5 tahun terhitung sejak tingkat Ibtidaiyah. Beranjak dari asumsi ini, menurut penulis sangat perlu adanya inovasi-inovasi baru untuk mengantisipasi kelemahan siswa dalam Maharah Kalam.  Tulisan ini mencoba memaparkan tentang metode yang inovatif dalam pembelajaran maharah kalam.

Keywords


Metode, Inovatif, Maharah Kalam.

Full Text:

PDF

References


Fauzan, `Abdurrahman bin Ibrahim, Idha`at li Mu`allimi al-Lughah al-Arabiyyah li ghair al-Nathiqina biha, Riyadh :Maktabah Malik Fahd, 2011

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2014

Hermawan, Acep, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif, Bandung : Alfabeta, 2018

Khalil, Hilmi, Nazhariyyah Tsyumski al-lughawiyyah, Iskandariyah : Dar al-Ma`rifah al-Jamiiyyah, 1985

Nababan, Sri Utari Subyakto, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993

Matsna, Moh dan Mahyudin, Erta, Pengembangan Evaluasi Dan Tes Bahasa Arab, Tangerang Selatan : Alkitabah, 2012

Mu`in, Abdul, Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Al Husna Baru, 2004

Powers, David Guy, Fundamental of Speech, New York: Mc Graw-Hill Book Company, 1951

Tarigan, Henry Guntur, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa, 2010

Tri Qurnati, Budaya Belajar dan Keterampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i01.10664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.