Pengelolaan Media Belajar dalam Upaya Pencapaian SKL di PAUD Arifa Banda Aceh

Ainul Mardhiah, Nurul Hikmah

Abstract


Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kompetensi lulusan. Untuk itu diperlukan pengelolaan sarana dan prasarana dengan baik, seperti; pengelolaan media pembelajaran. Pengelolaan media belajar dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dengan menjadikan media belajar sebagai SKL anak. SKL pada tinkat PAUD masih sangat rendah, ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah;  1) Untuk mengetahui,bagaimanakah pengelolaan media belajajar di PAUD Arifa Banda Aceh, 2).  Apa sajakah jenis-jenis  media belajar yang digunakan di PAUD Arifa Banda Aceh, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengen pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan media belajar belum dijadikan SKL dan belum mendapatkan alat permainan edukatif dari pihak Yayasan dan pihak luar. Kuranganya media belajar merupakan hambatan yang dihadapi oleh para guru di PAUD Arifa Kota Banda Aceh, hal ini disebabkan oleh keterbatasan dana dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan media belajar. Strategi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut guru memanfaatkan lingkungan alam dan kreatifitas guru sebagai sumber belajar. Pengelolaan media belajar yang dilakukan di PAUD Arifa Kota Banda Aceh belum berjalan secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian pihak Yayasan dan kerjasama pihak sekolah dengan masyarakat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengelolaan media belajar dapat mempengaruhi pada kualitas lulusan. Anak di PAUD Arifa Banda Aceh.

Keywords


Pengelolaan Media Belajar dalam Upaya Pencapaian SKL

Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman dkk, Media Pendidikan; Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008

Arief Sadiman, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Diana Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2012

Evis Karwati, dkk, Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta, 2015

https://walisongo.ac.id/id/eprieprintsnt/3983/3/103311022_bab2.pdf

Eka Prihatin, Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2011

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

.Indah Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012

Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2012

Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016

Suharsimi, Pengelollaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Raja Wali, 1986




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i01.10666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.