PENGELOLAAN LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT KUNJUNG PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

Ismail Anshari, Silviana Silviana

Abstract


Pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan merupakan proses pemberian bantuan atau penyediaan kebutuhan informasi kepada pengguna perpustakaan. Layanan sirkulasi perpustakaan sebagai layanan yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan harus dikelola dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan minat kunjung peserta didik untuk mencari informasi di perpustakaan. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah administrasi dalam layanan sirkulasi perpustakaan masih belum maksimal. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya proses layanan sirkulasi perpustakaan yang akan memberikan dampak terhadap minat kunjung perpustakaan di sekolah tersebut. Penelitian ini diharapakan dapat memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan layanan sirkulasi perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala perpustakaan, staf perpustakaan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya administrasi dalam layanan sirkulasi perpustakaan dalam peningkatan minat kunjung peserta didik ke perpustakaan. Hal ini disebakan anatara lain: pertama sumber daya manusia yang ditempatkan di perpustakaan masih terbatas. Kedua Sarana dan prasarana yang terkait dengan peningkatan minat kunjung belum memadai. Akibatnya dapat memperhambat layanan sirkulasi yang diberikan kepada peserta didik. Diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dapat melanjutkan penelitian ini kearah yang lebih baik lagi.


Keywords


Pengelolaan layanan sirkulasi, manajemen perpustakaan, minat kunjung

Full Text:

PDF

References


Alias Bangnga. Peranan perpustakaan sekolah terhadap proses belajar mengajar di sekolah. jurnal JUPITER, Vol. XIV, No. 1, (Makassar: Dosen UPBJJ-UT Makassar. 2015).

Undang-Undang Dasar Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jamaluddin Kulle. 2013. Rencana Kerja Operasional Pelayanan Sirkulasi UPT Perpustakaan UNHAS.

Fitwi Luthfiyah, Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan, Jurnal El-Idare, Vol. 1, No. 2, (Universitas PGRI Palembang. Desember).

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Edisi ke-1, (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015).

Tega D. Cintia dan Yunaldi, Sistem Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukit Tinggi, Jurnal Ilmu Informasi perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1, No. 1, (Padang: FBS Universitas Negeri Padang. September 2012).

Herlina Aprilianita. 2013. PemanfaatanPelayanan Sirkulasi Perpustakaan di Perpustakaan Muria Kudus. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses di http://Kamusbahasaindonesia.Org Pada Tanggal 10 September 2020 Pukul 18.00 WIB.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikundo. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusdin Pohan. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Banda Aceh: Ar-Rijal Institute.

Djoko Purwanto. (2007). Korespondensi Bisnis Modern. Surakarta: Gelora Aksara Permata: Erlangga.

Muhammad Imran, Manajemen Perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, dalam Jurnal Repository UIN Alauddin Makassar (diakses pada tanggal 20 Januari 2021 pada pukul 20.15).

Holly Boroning, Pemanfaatan Jasa Layanan Sirkulasi UPT Perpustakaan Oleh Mahasiswa UNSRAT, Jurnal e-Jurnal Acta Diura, Vol. 5, No. 5, Tahun 2016, (diakses pada tanggal 10 Maret 2021, waktu 09.30 WIB).

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pamuntjak. 2000.Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.

Departemen Pendidikan RI, Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi, (Jakarta Departemen pendidikan RI, 2004).

Lasa HS. 2005. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta, Gama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.