PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PELANGGAN DI SMKN 1 PASIE RAYA ACEH JAYA

Tihalimah Tihalimah, Chairi Agusna

Abstract


Pemasaran jasa pendidikan merupakan suatu pogram yang dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan (sekolah) dalam upaya untuk meningkatkan pelanggan (peserta didik), di tengah banyaknya persaingan. Pemasaran atau promosi adalah suatu ranah yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Jadi, pihak sekolah harus menentukan strategi pemasaran yang luar biasa untuk mencapai keberhasilan lembaga pendidikan. Topik ini dipandang signifikan karena proses pemasaran jasa pendidikan juga mendukung sekolah dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan meyakinkan pelanggan dengan cara menawarkan produk atau jasa yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan strategi, penerapan, masalah kendala dan pemecahan implementasi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan pelanggan di SMKN 1 Pasie Raya. Penelitian ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dengan megumpulkan data dari kegiatan observasi lapangan, wawancara terhadap sumber yang relavan, dan pengambilan dokumentasi dari tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan salah satu personel sekolah yaitu waka kesiswaan, serta salah satu peserta didik SMKN 1 Pasie Raya.  Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran jasa pendidikan di SMKN 1 Pasie Raya bahwa: (1) menerapkan langkah-langkah strategi pemasaran dengan cara: identifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning, serta diferensiasi produk. (2) dalam penerapan pemasaran jasa pendidikan terlebih dahulu menentukan target dengan cara pemasaran internal (internal marketing) dan pemesaran eksternal (eksternal marketing). (3) Kendala yang dihadapi dalam proses pemasaran adalah tidak ada personel khusus yang mengelola di bidang pemasaran, serta minat masyarakat terhadap sekolah dengan pogram ATPH dengan alasan pertanian sudah tradisi. Peneliti berpandangan kajian ini adalah suatu hal yang harus diterapkan oleh setiap sekolah dalam mendukung keberhasilan pendidikan. Hasil penelitian ini bahwa pemasaran jasa pendidikan di sekolah sangat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan pelanggan. Dengan adanya kegiatan pemasaran jasa pendidikan disekolah maka pelanggan akan mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, dan pelanggan akan mengambil keputusan untuk menyekolahkan anaknya.


Keywords


Pemasaran Jasa Pendidikan, Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ara Hidayat &Imam Machali. 2016.The Handbook of Education Management: Teori Dan Praktik Pengeloaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia, cet. ke-1. Jakarta: Prenadamedia Group

Assauri Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Elytasari Suvidian. juni 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Stakeholders Di Tk Amal Insani Depok Yogyakarta. jurnal warna vol 1 no1.

Faizin Imam.2017. Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. jurnal madaniah, vol 7 no 2 edisi agustus 2017

Gary Amstrong&Philip Kotler.2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: erlangga Hendra Maya&Sarifudin. 2019. Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu Darul Fallah Bogor. Islamic Manajemen, vol 02, no. 02

Hurriyati Ratih. 2010. Bauran Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irianto Yoyon Bahtiar.2011. Modul Pemasaran Pendidikan.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Janan Asifudin Ahmad. 2016. Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol 1 no 2

Khasanah Afidatun. 2015. Pemasaran jasa Pendidikan sebagai strategi peningkatan mutu di SD Alam Baiurraden,j urnal el-Tarbawi vol VIII no 2.

Kotler Philip.1997. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prentice-Hall Inc

Labaso Syahrial’. November 2018. Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Jogjakarta. jurnal manajemen Pendidikan islam. Vol 3 no2

Mamang S Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Jogjakarta: Andi

Maswan. 2015. manajemen peningkatan mutu sekolah. Jurnal tarbawi vol 12 no 2.

Muhaimin.2011. Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana Az. 2012. Reformation Marketing Sekolah: Cara Cerdas Membesarkan Sekolah. Surabaya: Bening Pustaka

Mukhtar Muhammad S.2017.“Pemasaran dan Upaya Dalam Mempengaruhi Harapan Stakeholder Dalam Lembaga Pendidikan Islam”, Jurnal Tarbawi, vol 14 no 2

Minarti Sri.2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Munir M. April 2018. Manajemen pemasaran Pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume1, nomor 2

Mursidi Andi. 2015.“An Investigation on the Internal Quality Assurance System of Higher Education in Indonesia”

Musanto Trisno.2004. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2.

Rohmitriasih & Soetopo.2015. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan, (Jurnal Manajemen Pendidikan vol 24 nomor 5

UU No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB I Ketentuan Umum Pasal I Ayat I

Wijaya David.2012. Pemasaran Jasa Pendidikan “Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.