PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENUNJANG TERBENTUKNYA PERILAKU YANG BAIK

Nurussalami Nurussalami

Abstract


Pendidikan karakter selama ini lebih menekankan pada aspek pengetahuan dari pada aspek sikap dan aplikasinya. Fenomena pelajar tawuran dan pergaulan bebas menjadi bukti. Sekolah Islam berasrama dengan kurikulum khasnya dianggap berhasil mengelola pendidikan karakter akhlak mulia. Dalam pelaksanaan program dinyatakan efektif apabila hasil-hasil yang di capai sesuai dengan tujuan maka ada tiga prinsip yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan program pendidikan karakter ini. Ketiga prinsip tersebut yaitu prinsip efektivitas, efisiensi dan produktivitas. Efektif bila hasil pelaksanaan sesuai dengan tujuan. Sedangkan efisiensi lebih mengacu pada pelaksanaan yang sesuai dengan tujuan dan diiringi dengan biaya yang minimal atau biaya tetap namun hasil yang maksimal. Pada prinsip produktivitas menghendaki pelaksanaan program serta hasilnya dapat di ukur secara kuantitatif dan kualitatif minimal sesuai dengan tujuan. Setiap pelaksanaan program dan kegiatan penanaman nilai-nilai karakter ini hendaknya dapat ditunjukkan tentang hasil-hasil yang di capai. Monitoring dan evaluasi dilakukan terus menerus terhadap seluruh aspek kegiatan siswa. Keberhasilan ditandai adanya perubahan perilaku siswa seperti disiplin, rajin ibadah, taat, jujur, berprestasi dan tidak tawuran. Masyarakat makin percaya dan lembaga makin berkembang. Salah satu rekomendasi penelitian agar semua pemangku kepentingan komitmen terhadap rencana, menjadi contoh dan melakukan pembinaan terus menerus serta menjalin kemitraan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Penunjang, Prilaku

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal dkk. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung : Yrama Widya.

Megawangi,Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor : Indonesia Heritage Foundation

Kesuma, Dharma dkk. 2011. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung : Remaja Rosdakarya

Koesoema, A Doni. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger (Mengembangkan Diri sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter). Jakarta : Grasindo.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti (dalam Perspektif Perubahan). Jakarta : Bumi Aksara

Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia.Jakarta : LP3ES


Refbacks

  • There are currently no refbacks.