EFEKTIVITAS MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

Abdullah Munir

Abstract


Public Transportation has an important position in advancing an institution or agency or company, as a liaison between institutions and the community as users of institutional services. The purpose of this investigation is to explain the effectiveness of public transportation management in the field of student affairs, supported by the leadership role at Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh, and analyze the achievement of the expected public transportation management process. Collecting data using interview techniques and methods, and with a qualitative approach the results are explained. The data collection tool uses observational guide sheets and interview guide lines, as well as the results of documentation analysis. The results of the first study, there is good cooperation from all educators and education residents as well as the management, especially public transportation so that there is good communication to students and the community; and second, the realization of tangible results with the role and support of a good leader and if public relations carry out their duties perfectly according to the program that has been structured.

Keywords


Effectiveness, Public Relations Management

Full Text:

PDF

References


Abidin, A.Z. 2011. Studi tentang Tugas Wakil Kepala UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bidang Hubungan Masyarakat (WakasekHumas) dalam Memberikan Layanan Informasi kepada Masyarakat Wali Murid di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Disertasi, IAIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/25227/.

Amin, A. 2018. Sinergitas Pendidikan Keluarga, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Masyarakat: Analisis Tripusat Pendidikan. AtTa’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1): 106-125. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/824.

Assingkily, M.S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Lengkap Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Bainah, B. 2017. Peran Wakil Pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bidang Kesiswaan dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di UIN Ar-Raniry Negeri 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Repository UIN Antasari Banjarmasin, http://idr.uin-antasari.ac.id/8356/.

Basofi, I. 2020. Manajemen Humas IAIN Madura dalam Menarik Minat Masyarakat. Kabilah: Journal of Social Community, 5(1), 74-82. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/3970.

Dwiyama, F., et.al. 2020. Manajemen Humas: Membangun Peran Masyarakat pada Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63-71. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/view/868.

Fatah, A. 2014. Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz al-Quran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/779.

Fika, H. 2014. Implementasi Tupoksi Humas dalam Membentuk Citra Madrasah di MTsN 2 Jakarta. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24816.

Ginanjar, M.H. 2017. Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/37

Habib, M., et.al. 2021. Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 269-275. http://jurnal.permapendissumut.org/index.php/edusociety/article/view/100.

Hadi, A. 2018. Perkembangan dan Konsep Dasar Manajemen Humas dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Historis. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 4(2), 67-84. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/55.

Hamalah, N. 2020. Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Serang. Disertasi, UIN SMH Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/5434/.

Hasanah, U. 2008. Aplikasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dasar Insan Terpadu Sumberanyar Paiton Probolinggo. Disertasi, UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/4103/

Hasbullah, H. 2018. Lingkungan Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 13-26. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1768

Herwibowo, P., Musta’an, M.A., & Wisudawanto, R. 2018. Hambatan dan Strategi Humas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karanganyar dalam Berkomunikasi dengan Masyarakat Melalui Media Website. Disertasi, Universitas Sahid Surakarta. http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/309.

Ikhwan, A. 2018. Penerapan Manajemen Hubungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. AlHayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-16. http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/19.

Istiklaliyah, F.N. 2017. Peran Wakil Pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bidang Kurikulum dalam Meningkatkan Prestasi Guru Pelajaran Agama di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Disertasi, STAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2022.

Juwandi, J., & Widyana, R. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Spirits, 10(1), 49-64. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/spirit/article/view/6536.

Kasa, M. 2017. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di SMP Nurul Islam Purwoyoso Semarang. Disertasi, UIN Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/7491/.

Laugi, S. 2018. Sistem Informasi Berbasis Web dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109-126. https://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/939.

Maulana, M.H.A. 2019. Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan Pesantren. Itqan: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 10(1), 147-166. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/282.

Miftachurrohman, A.S., & Atika, A. 2018. Manajemen Lembaga Pendidikan Berorientasi Mutu di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 473-480. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/2156.

Mizanie, D., & Irwansyah, I. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi, 13(2), 149-164. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/5099.

Mundiri, A. 2016. Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Brand Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2). http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/125

Musyarrofah, M. 2018. Peran Humas dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi. Jurnal Idarah, 2(1), 293-304. https://lp3m.unuja.ac.id/unduh_jurnal/108/2018_Musyarrofah_Peran%20Humas.pdf.

Nurul, N. 2018. Strategi Manajemen Humas dalam Menyampaikan Program Unggulan Madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36-48. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/altanzim/article/view/247.

Octavia, N.H. 2021. Upaya Wakil Pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik di MTs Al Muhajirin Waihatu Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 67-83. https://www.jurnal.iainambon.ac.id/index.php/kjim/article/view/2070.

Paudi, S., et.al. 2020. Kinerja Wakil Kepala UIN Ar-Raniry Banda Aceh Menengah Pertama Dilihat dari Tugas Pokok dan Fungsinya. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 192-205.

Puspitasari, Z.A. 2019. Peran Wakil Pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UIN Ar-Raniry Negeri 3 Tulungagung. Repo-IAIN Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11827.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.