STRATEGI PIMPINAN DALAM PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DI MIN 9 ACEH TIMUR

Tihalimah Tihalimah, Zahriatul Wardah

Abstract


Strategi pimpinan sebagai seorang manejer harus memiliki strategi dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan peran pimpinan juga mengikutsertakan guru dan siswa dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan. Namun di MIN 9 Aceh Timur ada beberapa sarana dan prasarana masih belum memadai seperti ruang belajar masih ada semi permanen, ruang perpustakaan yang masih di sekat dengan ruang guru sehingga ruang guru menjadi sempit, tempat parkir yang masih kurang memadai banyak siswa/i yang memarkir sepeda, di lapangan hal ini dapat mengganggu para siswa yang bermain bola, dan juga lapangan olah raga yang belum  memadai.  Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  strategi pimpinan dalam peningkatan sarana dan prasarana di MIN 9 Aceh Timur, untuk mengetahui Pelaksanaan pimpinan dalam Peningkatan Sarana dan Prasarana di MIN 9 Aceh Timur dan untuk mengetahui hambatan- hambatan dalam Peningkatan Sarana dan Prasarana di MIN 9 Aceh Timur. Penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian pimpinan kepala madrasah dan waka sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan   dokumentasi.   Hasil   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa   strategi pimpinan di MIN 9 Aceh Timur memiliki tiga strategi, Pertama perencanaan, kedua pengadaan sarana dan prasarana, ketiga pemeliharaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan pimpinan dalam peningkatan sarana dan prasarana memiliki dua strategi yang pertama pengorganisasian, kedua pelaksanaan dan penggerak. Hambatan-hambatan yang di hadapi pimpinan di MIN 9 Aceh Timur dalam peningkatan sarana dan prasarana pertama kurangnya dana sehingga menjadi suatu hambatan, kedua kurangnya kesadaran dan dukungan warga madrasah untuk meningkatkan sarana dan prasarana.


Keywords


Strategi Pimpinan, Sarana Prasarana, dan MIN 9 Aceh Timur

Full Text:

PDF

References


Alif Wicak Sono, 2018, Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di Madrasah

Aliyah ( MAN) Bangkalan, Jurnal Karya Ilmiah Skripsi.

Ara Hidayat dan Imam Machali. 2012, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Kaukaba.

Ibrahim Bafadal, 2010, Manajemen Perlengkapan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan Fathurrochman, Dkk, 2021, Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Muri Rawas, Vol,Xlll, No1.

J. Winardi, 2003, Teori Organisasi dan Pengorganisasian, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Neti Herawati Dkk, 2020, Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Llir, Volume 4, Nomor 2.

Nur Khikmah, 2020 Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 3, Nomor 2.

Sri Herawati Dkk, 2020, Manajemen Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Vol. 2, No. 3.

Yusri A. Boko, 2020, Perencanaan Sarana dan Prasarana Sekolah, Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol 1, no 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.