Total Quality Management Dalam Memajukan Pendidikan Islam

Sri Rahmi

Abstract


Apikasi Total Quality Management (TQM) di beberapa lembaga pendidikan Islam sudah mulai nampak dewasa ini. Hal ini disebabkan semakin tingginya persaingan antar lembaga pendidikan Islam. Prinsip umum Total Quality Management meliputi delapan (8) hal yaitu: Mengutamakan Ketercapaian Kepuasan Pelanggan (Customer Focus Organization,), Kepemimpinan (Leadership), Keterlibatan Seluruh Partisipan (People Organization), Pendekatan yang menekankan pada perbaikan proses (Process Approach), Pendekatan sistem (System Approach), Perbaikan secara terus menerus (Continual Improvement), Pengambilan keputusan berdasarkan fakta (Factual Approach to Decision Making), dan hubungan dengan supplier yang saling menguntungkan (Mutually Beneficial Relationship). Jika penerapan prinsip umum Total Quality Management yang telah disebutkan dilaksanakan oleh lembaga pendidikan Islam secara serius, maka diyakini peningkatan kualitas output yang diharapkan akan dengan mudah dapat dicapai dan akan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain baik di tingkat nasional bahkan internasional sekalipun.

Full Text:

PDF

References


Gaspersz, Vincent, 2000, Penerapan Total Management In Education (TQME) Pada Perguruan Tinggi Di Indonesia, Jurnal Pendidikan (online), Jilid 6, No. (http://www. ut.ac.id ) diakses 20 november 2009

Hanafiah, M. Jusuf, dkk, 1994, Pengelolaan Mutu Total Pendidikan Tinggi, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi

Nasution, MN, 2000, Manajemen Mutu Terpadu, Ghalia Indonesia, Jakarta

Tjiptono, Fandy, Diana, Anastasia, 2001, Total Quality Management, Andi, Yogyakarta

Holmes, G. & McElwee, G., 1995, Total Quality Management In Higher Education, How To Approach Human Resource Management, TQM Magazine, Vol.7, No. 6, pp. 5-10

McCulloch, M., 1993, Total Quality Management : Its Relevance For Higher Education, Quality Assurance In Education, Vol 1, No. 2, pp. 5-11

Tjiptono, F, 2000, Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer, Andi, Yogyakarta

Gasperz, Vincent, 1997, Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep-Konsep Vincent Tentang Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kotler, Philip, 1994, Markrting Management : Analysis, Planning, Implemantation And Control, Edisi ke 8, Eglewood Cliffs, N.J. Prentice Hall, Inc

Prawirosentono, Suryadi, 2004, Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu, Total Quality Management Abad 21 (Studi dan Kasus), Edisi ke 2, Bumi Aksara, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v3i1.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.