Manajemen Pembelajaran Kelas Aktif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat

Cut Nyak Marlina, Safriadi Safriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta menggali informasi dari guru Akidah Akhlak mengenai manajemen pembelajaran kelas aktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak  yang berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat berbagai upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak dalam mengelola pembelajaran kelas aktif di MAN 2 Aceh Barat pada mata pelajaran Akidah Akhlak, yaitu seperti memberikan motivasi-motivasi kepada siswa, lalu pembelajaran juga diiringi dengan humor-humor sehingga siswa tidak merasa bosan. Kemudian juga menata tempat duduk siswa yang sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan, dan lain sebagainya.  Selain itu di awal pembelajaran guru juga berupaya membangkitkan semangat belajar siswa dengan cara membaca shalawat, mini game, serta senam otak. Juga terdapat berbagai metode yang variatif yang digunakan oleh guru dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa hambatan, namun para guru Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat juga menawarkan beberapa solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut seperti membuat kesepakatan bersama siswa, dan sebagainya.

Keywords


Manajemen, Pembelajaran Kelas Aktif, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Afifi, J. (2014). Inovasi-Inovasi Kreatif Manajemen Kelas & Pengajaran Efektif (Cet. ke-1). Diva Press.

Ai Sumarni, E. (2022). Manajemen Pembelajaran PAI melalui Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (di SMP Karya Pembangunan Ciparay Bandung). Tanzhimuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Amelia sari, E. (2023). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Siswa di Kelas X IPS MAN 1 Pasaman Barat. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4).

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta didik (Cet. ke-1). Indeks.

Bluestein, J. (2013). Manajemen Kelas (Cet. ke-1). Indeks.

Erfiati, E., & Lailatussaadah, L. (2022). The Roles of Educator in Disruptive Era. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52. https://doi.org/10.22373/cj.v6i1.11202

Hasil wawancara dengan informan A, pada tanggal 6 November 2023.

Hayati, S. (2017). Tahap Pengetahuan dan Pelaksanaan Pakem Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(1), 39–49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/3364/2356

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2013). Aplikasi Teori Konstruktivisme Dalam Pakem Bagi Pembelajaran bahasa Arab Sekolah Rendah Di Indonesia. ADIC, 115–129.

Indonesia, T. D. A. P. U. P. (2015). Manajemen Pendidikan (Cet. ke-8). Alfabeta.

Lailatussaadah, L., Hayati, S., Mardhiah, A., & Munawar, M. (2023). Pengembangan Langkah-Langkah Pengelolaan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Masa COVID-19. Educational Leadership, 2(2), 165–178.

Lewis, P. H. dan G. (2008). Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas (Cet. ke-1). Indeks.

Mohamad, H. dan N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik (Cet. ke-6). Bumi Aksara.

Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1).

Namora, W. U. T. dan D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1).

Nasution, S. dan I. (2005). Manajemen Pembelajaran (Cet. ke-1). Quantum Teaching.

Nia Karnia, E. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2).

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Cet. ke-3). Ar-Ruzz Media.

Rahmadayani, I., Lailatussaadah, L., & Dhin, C. N. (2021). Kreatifitas Guru Bersertifikasi Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidayiah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh (The Creativity of Certified Teacher in Utilizing Learning Media in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh) Ita. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(2), 151–161.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik (Cet. ke-4). Refika Aditama.

Siti Rukhaiyah, E. (2023). Kompetensi Guru Dalam Mengelola Kelas Pembelajaran di SMP Pondok Pesantren Al-Husna Marendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. ke-6). Remaja Rosdakarya.

Trihantoyo, A. R. Z. W. dan S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1).

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Zahwa, D. K. Y. dan N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.20854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.