Manajemen Pembelajaran Kelas Aktif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh Barat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, J. (2014). Inovasi-Inovasi Kreatif Manajemen Kelas & Pengajaran Efektif (Cet. ke-1). Diva Press.
Ai Sumarni, E. (2022). Manajemen Pembelajaran PAI melalui Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (di SMP Karya Pembangunan Ciparay Bandung). Tanzhimuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).
Amelia sari, E. (2023). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Religius Siswa di Kelas X IPS MAN 1 Pasaman Barat. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4).
Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta didik (Cet. ke-1). Indeks.
Bluestein, J. (2013). Manajemen Kelas (Cet. ke-1). Indeks.
Erfiati, E., & Lailatussaadah, L. (2022). The Roles of Educator in Disruptive Era. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 52. https://doi.org/10.22373/cj.v6i1.11202
Hasil wawancara dengan informan A, pada tanggal 6 November 2023.
Hayati, S. (2017). Tahap Pengetahuan dan Pelaksanaan Pakem Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(1), 39–49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/3364/2356
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2013). Aplikasi Teori Konstruktivisme Dalam Pakem Bagi Pembelajaran bahasa Arab Sekolah Rendah Di Indonesia. ADIC, 115–129.
Indonesia, T. D. A. P. U. P. (2015). Manajemen Pendidikan (Cet. ke-8). Alfabeta.
Lailatussaadah, L., Hayati, S., Mardhiah, A., & Munawar, M. (2023). Pengembangan Langkah-Langkah Pengelolaan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Masa COVID-19. Educational Leadership, 2(2), 165–178.
Lewis, P. H. dan G. (2008). Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas (Cet. ke-1). Indeks.
Mohamad, H. dan N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik (Cet. ke-6). Bumi Aksara.
Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1).
Namora, W. U. T. dan D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1).
Nasution, S. dan I. (2005). Manajemen Pembelajaran (Cet. ke-1). Quantum Teaching.
Nia Karnia, E. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2).
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Cet. ke-3). Ar-Ruzz Media.
Rahmadayani, I., Lailatussaadah, L., & Dhin, C. N. (2021). Kreatifitas Guru Bersertifikasi Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidayiah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh (The Creativity of Certified Teacher in Utilizing Learning Media in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh) Ita. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(2), 151–161.
Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik (Cet. ke-4). Refika Aditama.
Siti Rukhaiyah, E. (2023). Kompetensi Guru Dalam Mengelola Kelas Pembelajaran di SMP Pondok Pesantren Al-Husna Marendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. ke-6). Remaja Rosdakarya.
Trihantoyo, A. R. Z. W. dan S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1).
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Zahwa, D. K. Y. dan N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.20854
Refbacks
- There are currently no refbacks.