Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar di MIN 11 Banda Aceh

Tihalimah Tihalimah, Tety Falensiah

Abstract


Wali Kelas merupakan seorang yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya desain kelas yang belum sesuai dengan tingkatan kelas dan umur peserta didik di dalam kelas. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peran wali kelas dalam mendesain kelas meliputi perencanaan wali kelas, pelaksanaan wali kelas dan evaluasi dalam mendesain kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan wali kelas dalam mendesain ruang belajar di MIN 11 Banda Aceh memiliki beberapa tahapan yaitu, menetapkan target atau tujuan, mengumpulkan informasi, menentukan cara atau koordinasi, Menentukan desain baru untuk ruang belajar peserta didik, Menganalisa kebutuhan, Menentukan prioritas, membuat strategi alternatif, dan menentukan dana yang dibutuhkan. Pelaksanaan wali kelas dalam mendesain yaitu, melakukan rapat kegiatan dengan kepala sekolah dan guru, melakukan pembagian-pembagian pekerjaan sesuai bidang yang ada, dan melakukan kegiatan mendesain sesuai  prosedur  yang telah dibuat.  Standar evaluasi  wali  kelas  yaitu,  penerapan  pengaturan tempat duduk peserta didik, Pengelolaan bentuk tema ruang kelas peserta didik, penataan pajangan dari hasil karya peserta didik,  dan pengaturan variasi warna ruang kelas peserta didik.


Keywords


Peran, Wali Kelas, Desain

Full Text:

PDF

References


Ariesta, Freddy Widya. Manajemen Kelas: Pentingnya Mengatur dan Menata Ruang Kelas yang Baik di Sekolah Dasar, April 2020. Diakses pada tanggal 19 Juni 2022

Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan administrasi pendidikan dan kejuruan. Jakarta: Haji Mas Agung, 1990

Arikunto, Suharsimi. (1996). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Grafindo

Aziz, Rosmiati. (2016). Pengantar Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Sibuku

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Usaha Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Hadijaya, Yusuf. (2012). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publising

Jamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional Jurnal Forum Bangunan, Volume 12. No. 1 januari 2014

Koesoma A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Gramedia Widi Sarana Koesoma A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Zainab, Lailatussaadah, Daud, Y. M., Hayati, S., & Mutia, S. (2022). Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar di MIN 7 Aceh Besar. Ceudah Journal: Education and Social ScienceJournal Education and Social Science, 1(2), 83–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.21651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.