Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar di MIN 11 Banda Aceh
Abstract
Wali Kelas merupakan seorang yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya desain kelas yang belum sesuai dengan tingkatan kelas dan umur peserta didik di dalam kelas. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui peran wali kelas dalam mendesain kelas meliputi perencanaan wali kelas, pelaksanaan wali kelas dan evaluasi dalam mendesain kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan wali kelas dalam mendesain ruang belajar di MIN 11 Banda Aceh memiliki beberapa tahapan yaitu, menetapkan target atau tujuan, mengumpulkan informasi, menentukan cara atau koordinasi, Menentukan desain baru untuk ruang belajar peserta didik, Menganalisa kebutuhan, Menentukan prioritas, membuat strategi alternatif, dan menentukan dana yang dibutuhkan. Pelaksanaan wali kelas dalam mendesain yaitu, melakukan rapat kegiatan dengan kepala sekolah dan guru, melakukan pembagian-pembagian pekerjaan sesuai bidang yang ada, dan melakukan kegiatan mendesain sesuai prosedur yang telah dibuat. Standar evaluasi wali kelas yaitu, penerapan pengaturan tempat duduk peserta didik, Pengelolaan bentuk tema ruang kelas peserta didik, penataan pajangan dari hasil karya peserta didik, dan pengaturan variasi warna ruang kelas peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariesta, Freddy Widya. Manajemen Kelas: Pentingnya Mengatur dan Menata Ruang Kelas yang Baik di Sekolah Dasar, April 2020. Diakses pada tanggal 19 Juni 2022
Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan administrasi pendidikan dan kejuruan. Jakarta: Haji Mas Agung, 1990
Arikunto, Suharsimi. (1996). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Grafindo
Aziz, Rosmiati. (2016). Pengantar Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Sibuku
Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Depdiknas. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Usaha Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Hadijaya, Yusuf. (2012). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publising
Jamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional Jurnal Forum Bangunan, Volume 12. No. 1 januari 2014
Koesoma A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Gramedia Widi Sarana Koesoma A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Zainab, Lailatussaadah, Daud, Y. M., Hayati, S., & Mutia, S. (2022). Peran Wali Kelas dalam Mendesain Ruang Belajar di MIN 7 Aceh Besar. Ceudah Journal: Education and Social ScienceJournal Education and Social Science, 1(2), 83–93.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.21651
Refbacks
- There are currently no refbacks.