Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Kelas Berbasis Gender di MAS Darul Ulum Banda Aceh
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan kelas berbasis gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan kelas berbasis gender telah berjalan secara efektif sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Ika Arifah tahun 2019 di Bogor, serta penelitian yang dilakukan oleh Zainan Abidin dan Asep Rohmatullah tahun 2023 di Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara tidak terstruktur, analisis dokumen, dan triangulasi dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan deduktif ini menyimpulkan bahwa pengelolaan kelas berbasis gender belum terlaksana secara optimal (35,90%). Tujuan pemisahan gender adalah untuk mencegah terjadinya percampuran gender di dalam kelas yang dikhawatirkan melanggar syariat Islam. Semakin terstruktur kebijakan kelas berbasis gender maka pengelolaannya akan semakin baik. Selain itu, semakin optimal pelaksanaan kebijakan kelas berbasis gender maka kinerja kepemimpinannya pun akan semakin optimal .
Abstrak
Penelitian ini ingin menjawab permasalahan tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan kelas berbasis gender. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan kelas berbasis gender telah dilakukan dengan baik sebagaimana yang diteliti oleh Ika Arifah tahun 2019 di Bogor dan Zainan Abidin serta Asep Rohmatullah tahun 2023 di Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara tidak berstruktur, telaah dokumentasi dan triangulasi dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan deduktif diperoleh kesimpulan bahwa pengelolaan kelas berbasis gender belum maksimal dilaksanakan (35,90%). Tujuan ringkasan gender, agar tidak terjadi percampuran gender dalam pembelajaran di kelas yang dikuatirkan dapat melanggar syariat Islam. Semakin terprogram kebijakan pengelolaan kelas berbasis gender, semakin baik pula pengelolaannya. Semakin optimal penerapan kebijakan kelas berbasis gender, semakin optimal pula kinerja kepemimpinannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acker, S. (2006). Gender and Education: An International Perspective. Routledge.
Amiruddin, et al. (2022). Pengantar Manajemen (Konsep dan Pendekatan Teoretis). CV. Media Sains Indonesia.
Arifah, I. (2019). Upaya Pola Pengelolaan Kelas berbasis Gender dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Al-Quran (Studi Kasus Kelas VIII SMP IT Ar-Rahmah Bogor). Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–15.
Arifin, Z. (2012). Penelitia Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Roesdakarya.
Baker, D. (2022). Revisiting Gender Equity in the Classroom. Educational Studies, 233–245.
Choiri, A. (2018). Stereotip Gender dan Keadilan Gender Terhadap Perempuan Sebagai Pihak dalam Kasus Perceraian. Mahkamah Agung RI.
Gurian, M. (2005). The Minds of Boys: Saving Our Sons from Falling Behind in School and Life. Jossey-Bass.
Hidayati, N. (2023). Desain Ruang Kelas yang Inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 12–18.
Keddie, A. (2020). Gender in Education: A Critical Perspective,. Routledge.
Lailatussaadah, Fitriyawany, Erfiati, & Mutia, S. (2020). Faktor-faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) PPG dalam Jabatan (Daljab) Pada Guru Perempuan di Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 41–50.
Lingard, B. (2009). Gender, Education and the Future. Routledge.
McKeon, B. E. (2010). Learning in a Gendered Classroom: The Importance of Classroom Context. Routledge.
Murray, C. (2021). Gender-Sensitive Pedagogy in Practice. Palgrave Macmillan.
Nguyen, P., & Le, T. (2021). Monitoring Gender Equality in the Classroom. Education Policy Analysis Archives.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi:Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(6).
Nurmayuli, N., Lailatussaadah, L., & Mustika, C. R. (2024). Analisis Pemetaan Penempatan Guru Sekolah Dasar Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 313–326.
Nurmayuli, N., & Oktarina, R. (2023). Strategi Guru dalam Penilaian Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Aceh Jaya. Pase: Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.47766/PASE.V2I1.1789
Oviyanti, F. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Rafa Press.
Prabowo, D. (2021). Manajemen Waktu dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen, 85–90.
Priansya, E. K. dan. (2014). Manajemen Kelas (Bandung (ed.)). Alfabeta.
Prihastuti, R., A. (2022). Kebijakan Pendidikan Berbasis Gender. Alfabeta.
Rahman, A. (2021). Manajemen Kelas Berbasis Gender: Teori dan Praktik. Universitas Indonesia.
Rahmawati, T. (2021). Pengaruh Gender dalam Pendidikan. Universitas Indonesia.
Rogers, K., & Allen, M. (2020). Feedback Loops in Gender-Inclusive Classrooms. San Francisco: Journal of Curriculum Studies.
Rohmatullah, Z. A. dan A. (2023). Manajemen Kelas Berbasis Pemisahan Gender dan Relasinya dengan Prestasi Siswa (Studi Kasus di MTs Darullughah Wadda’wah Pasuruan). Al-Idaroh, 7(9).
Sadker, M., dan Sadker, D. (2013). Gender and Education: The Future of Girls’ and Boys’ Education. McGraw-Hill Inc.
Sax, L. (2005). Why Gender Matters: What Parents and Teachers Need to Know About the Emerging Science of Sex Differences. Doubleday.
Smith, D. P. (2020). Gender and Classroom Management: A Global Perspective. Routledge.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. Alfabeta.
Susanti, L. (2022). Gender dalam Pendidikan: Membangun Kesetaraan di Kelas. Alfabeta.
Syaifurahman. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. PT Indeks.
Turner, D., L. (2021). Continuous Improvement in Education. Springer.
Utami, M. (2023). Pendidikan Inklusif: Strategi Manajemen Kelas Berbasis Gender. Laksana.
V., M. (2008). Social Capital and Children’s Well-Being. Palgrave Macmillan.
Widyastuti, R. (2022). Metode Pembelajaran Responsif terhadap Kebutuhan Siswa. Jurnal Pendidikan, 95–100.
Yin, R. (2003). Case Study Research Design and Method. Sage Publications.
Zulaiha, S. (2017). Urgensi Kurikulum dan Sistem Pembelajaran Inklusif Gender. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 86–106.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v13i2.27083
Refbacks
- There are currently no refbacks.