Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.22373/ji.v3i1.200Keywords:
Motivasi belajar, pengelolaan kelas, kemampuan mengajarAbstract
Guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan Mutu Pendidikan. Keberhasilan guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran tidak terlepas dari kompetensi yang dimilikinya. Banyak komponen yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Salah satunya adalah guru yang berperan sebagai wali kelas. Peran sebagai wali kelas ini sangat berpengaruh besar terhadap proses pendidikan pada tingkat dasar. Peranan wali kelas sangat dominan dalam memotivasi belajar siswa, pengelolaan kelas dan kemampuan mengajar. Seorang guru yang mempunyai tugas sebagai wali kelas harus mempunyai kompetensi profesional sehingga terciptalah proses pembelajaran yang efektif dan efesien dan dapat mengatasi permasalahn siswa dalam pembelajaran Kata Kunci: Motivasi belajar, pengelolaan kelas, kemampuan mengajarReferences
Ali Saifullah, 2004, Antara Filsafat dan Pendidikan , Surabaya: Usaha Nasional
Ahmad Tafsir, 2007, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam,Bandung: Rosda Karya
Abu Ahmadi 2000, Motivasi dalam Kajian Psikologi Pendidikan,Jakarta: Raja Wali Press
Djamarah,2006. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cibta.
Depdiknas,2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Usaha Nasional
Dedi Permadi, 2000. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Gramedia
Depdiknas, 2004, Arah Kebijakan Pendidikan Dimasa Depan, Jakarta:Bahan Penataran
Harun Rasyid, 2007. Penilaian Hasil Belajar, Bandung: CV Wacana Prima
Kunandar, 2008, Guru Profesianal Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Nashar, 2004.Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press
Nursalam, 2002. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional, Jakarta: Salemba Medika,
Nasir Usman,2012. Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru,Bandung: Citaputaka Media Perintis
Ngalim Poerwanto ,1991, Kompetensi Mengajar dan Guru, Jakarta: Nasco.
Ngalim Purwanto,2004. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya,
Mulyasa, 2009,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru,Bandung: PT Remaja Rosyda Karya
Mulyasa, E. 2005, Menjadi Guru Professional, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa,2009, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya
Priyatno dan Ermananti,1999. Dasar-dasarBimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta
Roestiyah NK, 2005. Masalah-masalah Ilmu keguruan, Jakarta: Bina Aksara
Sardiman, 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Sri Habsari, Bimbingan dan Konsling SMA Untuk Kelas XII, Jakarta: Grasindo, 2005
Sukadi, 2009,Guru Powerfull Guru Masa Depan, Bandung: Kholbu
W. Gulo,2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Zulfan Saam,2012. Psikologi Keperawatan,Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2012