Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran

Zahara Mustika

Abstract


Guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan Mutu Pendidikan. Keberhasilan guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran tidak terlepas dari kompetensi yang dimilikinya. Banyak komponen yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Salah satunya adalah guru yang berperan sebagai wali kelas. Peran sebagai wali kelas ini sangat berpengaruh besar terhadap proses pendidikan pada tingkat dasar. Peranan wali kelas sangat dominan dalam memotivasi belajar siswa, pengelolaan kelas dan kemampuan mengajar. Seorang guru yang mempunyai tugas sebagai wali kelas harus mempunyai kompetensi profesional sehingga terciptalah proses pembelajaran yang efektif dan efesien dan dapat mengatasi permasalahn siswa dalam pembelajaran

Kata Kunci: Motivasi belajar, pengelolaan kelas, kemampuan mengajar

Keywords


Motivasi belajar; pengelolaan kelas; kemampuan mengajar

Full Text:

PDF

References


Ali Saifullah, 2004, Antara Filsafat dan Pendidikan , Surabaya: Usaha Nasional

Ahmad Tafsir, 2007, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam,Bandung: Rosda Karya

Abu Ahmadi 2000, Motivasi dalam Kajian Psikologi Pendidikan,Jakarta: Raja Wali Press

Djamarah,2006. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cibta.

Depdiknas,2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Usaha Nasional

Dedi Permadi, 2000. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Gramedia

Depdiknas, 2004, Arah Kebijakan Pendidikan Dimasa Depan, Jakarta:Bahan Penataran

Harun Rasyid, 2007. Penilaian Hasil Belajar, Bandung: CV Wacana Prima

Kunandar, 2008, Guru Profesianal Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Nashar, 2004.Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press

Nursalam, 2002. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional, Jakarta: Salemba Medika,

Nasir Usman,2012. Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru,Bandung: Citaputaka Media Perintis

Ngalim Poerwanto ,1991, Kompetensi Mengajar dan Guru, Jakarta: Nasco.

Ngalim Purwanto,2004. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya,

Mulyasa, 2009,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru,Bandung: PT Remaja Rosyda Karya

Mulyasa, E. 2005, Menjadi Guru Professional, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa,2009, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya

Priyatno dan Ermananti,1999. Dasar-dasarBimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta

Roestiyah NK, 2005. Masalah-masalah Ilmu keguruan, Jakarta: Bina Aksara

Sardiman, 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Sri Habsari, Bimbingan dan Konsling SMA Untuk Kelas XII, Jakarta: Grasindo, 2005

Sukadi, 2009,Guru Powerfull Guru Masa Depan, Bandung: Kholbu

W. Gulo,2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Zulfan Saam,2012. Psikologi Keperawatan,Bandung: PT Raja Grafindo Persada, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v3i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.