STRATEGI IMPLEMENTASI KODE ETIK MAHASISWA FTK UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Syahbuddin Gade & Abdul Hadi Syahbuddin Gade & Abdul Hadi

Abstract


Lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam rangka menghasilkan anak didik yang berakhlak mulia, beretika dan berpengetahuan luas. Baik buruknya suatu generasi bangsa sangat terpengaruh dengan keadaan lembaga pendidikan yang ada dalam bangsa tersebut. Lembaga pendidikan tidak sendirinya mengahsilkan lulusan seperti yang diinginkan, namun sangat tergantung kepada elemen-elemen yang ada dalam lembaga pendidikan tersebut.  Salah satu kajian dalam penelitian ini adalah tentang peraturan dan kode etik yang diterapkan dilembaga pendidikan khususnya pendidikan tinggi UIN Ar-Raniry, salah satu alasan lembaga UIN ini menjadi objek penelitian adalah  karene kenyataan dilapangan terlihat ada sebagaian mahasiswa yang menampilkan etika yang tidak baik, baik sesama mahasiswa, dosen, dan karyawan akademik, oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mencari jawaban dari tiga persoalan yang penulis  ajukan sebagai rumusan masalah yaitu, bentuk-bentuk pelanggaran apasajakah yang sering terjadi di UIN, bagaimana strategi implementasi kode etik dan kendala-kendala apasajakah yang dihadapi dalam pelaksanaan kode etik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan jawaban dari permasalahan tersebut yaitu, masih terjadinya pelanggran terhadap kode etik yang dilakukan oleh mahasiswa baik pelanggaran ringan, sedang dan berat.  Dalam penerapan kode etik ada beberapa strategi yang dilakukan yaitu, perumusan strategi, sosialisasi dan pelaksanaan dan evalusai kode etik.  Dalam pelaksanaan kode etik masih terdapat banyak kendala-kendala yang dihadapi baik ditingkat prodi maupun di tingkat Fakultas

Keywords


Implementasi, Kode Etik, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Tim Penulis, Undang-undang dan peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI, 2006

Semiawan, Conny R. , Pendidikan Tinggi Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin, Jakarta: Depdikbud, 1998

Tim Penyusun depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), Jakarta:, Balai Pustaka, 1999

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

M. Sholihin, dkk, Akhlak Taswuf: Manusia Etika dan Makn Hidup, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003

Ahmad Faizur Rosyad, Mengenal Alam Suci: menapak Jejeak Al- Ghozali Tasawuf, Filsafat dan Tradisi, Yogyakarta: Kutub, 2004

M. Sholihin, dkk, Akhlak Taswuf: Manusia Etika dan Makn Hidup, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Ahmad Faizur Rosyad, Mengenal Alam Suci: menapak Jejeak Al- Ghozali Tasawuf, Filsafat dan Tradisi, Yogyakarta: Kutub, 2004

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian, Bandung:Citapustaka Media, 2011

M. Sholihin, dkk, Akhlak Taswuf: Manusia Etika dan Makn Hidup, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003

Ahmad Faizur Rosyad, Mengenal Alam Suci: menapak Jejeak Al- Ghozali Tasawuf, Filsafat dan Tradisi, Yogyakarta: Kutub, 2004

Wawancara dengan salah satu dosen dosen Fakultas Tarbiyah

Hasil wawancara dengan wadek III Syariah.

Wawancara dengan Dekan III fakultas Adab dan Humaniora




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v4i2.4132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.