MODEL SUPERVISI BERDASARKAN PENDEKATAN MODERN (PENDEKATAN KELOMPOK)

Suharman Suharman

Abstract


Supervisi adalah salah satu bagian penting dalam rangka evaluasi kerja suatu lembaga atau organisasi. Dengan adanya supervisi akan tergambar sejauh mana efektivitas suatu kegiatan telah dicapai, dengan demikian akan menjadi tolak ukur kinerja dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Lembaga pendidikan sebagai suatu lembaga yang dikelola secara sistematis sangat diharapkan supaya melakukan supervisi secara berkala yang tujuannya adalah untuk dapat mengukur sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan berhasil ataupun belum. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat, maka dalam melakukan supervisi lembaga pendidikan dituntut untuk melakukan pendekatan-pendekatan baru guna menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Dalam pembahasan tulisan ini penulis akan membahas beberapa pendekatan modern yang kiranya menjadi acuan dan pedoman bagi tenaga ataupun praktisi pendidikan dan khususnya guru dalam rangka mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.


Keywords


Model, Supervisi, Pendekatan Modern

Full Text:

PDF

References


Alfonso, R.J., Firth, G.H., & Nevilla, R.F. (1981). Instruction Supervision: A Bahavior system, Boston: Allyn and Bacon,Inc

Depag RI (2003). Profesionalisme Pengawas Pendais, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Depdikbud (1986). Pedoman Pembinaan Guru, Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Dasar

Depdikbud (1994). Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Dasar

Depdikbud (1995a). Peran dan Fungsi PKG dalam Sistem Pembinaan Profesional Guru Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Dasar

Dick, W. dan Carey, L. (1985) The Systematic Design of Instruction, Second Edition. Glenview, Illionis: Scott, Foreman and Com¬pany

Ginkel, K. C., (1983).An Overwiew of a study Which Examined the Relationship Between Elementary School Teachers, Preference for Supervision Conferencing Approach and Conceptual Level of De¬velopment,Peper Presented at Annual Meeting of the Ameri¬can Educational reseach As Sociation, Montral

Glickman, C. D. (1981).Developmental Supervision: Alternative Prac¬tices for Helping Teachers impove Instruction. Virginia: ASD

Glickman, C. D. (1990)Supervision on Instruction. Developmental Approach.:Allyn and Bacon Inc

Goldhammer, R. Anderson, R. H. & Krajewski, R.J. (1980) Clinical Supervision: Special metods for the supervision of teachers. New York; Holt, Rinerhart and Winston

Harris, B.M. Mclntyre, K. E., Littletion, V. Vc. Long. D. F. (1997). Personnel Adminism.Tration in education. Boston: Allyn and Bacon, Inc

Harris, B.M. (1985). Supervisory behavior in Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs

Howell, B. (1981) Profile of the principal ship. Journal of Educational Leadership, Vol 38, Halaman 333-336

Hoy, W. K., & Forsyth, P.B. (1987) Effective Supervision: Theory into Practice. New York: Randum House, Inc

Hoy, W. K., & Miskel, Cg. (1987) Educational administration: Theory reseach and practice. New York: Random House. Inc

Ibrahim (1998). Efektivitas dan efesiensi Pelaksanaan Gugus Sekolah dalam Pembinaan Profesional Guru. Makalah: Disampaikan pada seminar Nasional: Efesiensi dan Efektivitas SPP Melalui Pendekatan Gugus Sekolah di Pandang 17-20 Maret 1998

Kemmis, s. (1983) Action Reseach, In Husen, T. And Postlethwaite, T. International Encyclopedia of Education: Research and Studies. Oxford: Pergamon

Lovelly, J. T., Wiles, K. (1983) Supervision for better schools, New Yok: Preantice-Hall Inc. Englewood. Cliffs. Nj

Lipham, J. T., Rankin, R. E„ Hoch, J. A. (1985). The Principalship: Concepts, Competencies and Cases. New York: Longman, Inc

Manning, L. M. & Lucking, R. (1991) The What, Why and How pf Cooperative Learning. The Clearning House. Vol 64:152-156

Marks, S. R. Stoops (1985) Handbook of Education Supervisor A. Guide for the practitioner. Boston: Allyn and Bacon, Inc

Mantja, W. (1990)Supervisi Pengajaran: Kasus Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Kelompok Budaya Etnik Madura di Kraton.D isertasi tidak diterbitan. Malang: PPSIKIP Malang

Nawawi, H. (1983) Administrasi Pendidikan Jakarta: Gunung Agung

……………. (1988) Administrasi Pendidikan Jakarta: CV. Haji Masagung

Neagley, R. L. & Evans N. D. (1980) Handbook for Effective Supervi¬sion oflntruction. New Jersey: Prentice Hall, Inc

Oliva, P. F. (1984) Supervision for Study's schools, New York: Tho¬mas Y. Crowell Company

Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 1990 (1990) tentang Pendidikan Dasar, Jakarta Depdikbud

Pidarta, M. (1985), Studi tentang supervisi pendidikan dalam hubungannya dengan cara kerja dan dengan program peningkatan profesi guru di SMP dan SMA Negeri Jawa Timur. Surabaya.Puslit IKIP Surabaya

Hasan., Yusuf dkk., (2002), Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum, Jakarta. CV.Mekar Jaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.