MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013

Mohd. Fadhil Ismail Mohd. Fadhil Ismail

Abstract


Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka,  demokratis dan berakhlak. Apabila hasil Pendidikan Agama Islam ingin ditingkatkan, maka harus melakukan perubahan dan penyempurnaan, termasuk penyempurnaan kurikulum. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud), merencanakan perubahan kurikulum mulai tahun ajaran 2013/2014, seperti yang  telah dilakukan oleh Kemendikbud dengan mengubah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 akan mengedepankan pelajaran moral dan akhlak. Mata pelajaran agama, yang semula hanya dua jam per minggu, ditambah menjadi tiga jam per minggu. Di dalamnya termasuk penambahan pelajaran     budi pekerti. Berbagai komponen yang terdapat dalam pendidikan ini sering berjalan apa adanya, alami dan tradisional, karena dilakukan tanpa perencanaan konsep yang matang, akibat dari keadaan demikian, mutu pendidikan Islam sering kurang menggembirakan. Untuk merealisasikan permasalahan tersebut maka dibutuhkanya manajemen, apalagi setelah adanya penggabungan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013.


Keywords


Manajemen, kurikulum 2013, Mata Pelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


A. Ferry T. Indratno, Menyambut Kurikulum 2013 , Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2013.

A. Qodri Azizy, Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Mendidik Anak Sukses Masa Depan : Pandai dan Bermanfaat, Semarang : Aneka Ilmu, 2003.

Abdul Majid, Dian andatani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2004.

Ali Zainuddin, Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2007.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arthur Sharplin, Strategic Manajement, United States of America: McGraw-Hill,Inc,1985.

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Burhan Nurgiantoro, Dasar-dasar Pengembanagan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE, 1998.

Chabib Thoha, Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999.

Chuck Williams, Management, United States of America: South-Western College Publishing, 2000.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Forum Mangunwijaya VII, Menyambut Kurikulum 2013, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2013.

G. Hafno Ladjio, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2004.

Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,1999.

Hasibun, Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah), Jakarta: Haji Masagung, 1993.

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Iwa Sukiwa, Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, Bandung: Tarsito, 2010.

James A.F Stoner, Manajemen, Jakarta: Buana Ilmu Populer, 1996.

Loeloek Endah Poerwanti, Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013..

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.

M. Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.

M. Yusuf Al-Qaradawi, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang , 2004.

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Melton Putra, 1988.

Mohammad Ali, Pengembangan Kurikulum di Madrasah, Bandung: Sinar Baru,1992.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Sekolah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Muslam, Pengembangan Kurikulum PAI, Semarang: IK A P12, 2003.

Nurhadi, Kurikulum 2004 : Pertanyaan dan Jawaban, Jakarta : Grasindo, 2004.

Rahman Raharjo, Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta : Magnum Pustaka, 2010.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2004.

S.Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sofyan Safri Harahap, Sistem Pengawasan Manajemen, Jakarta : Quantum Teaching, 2001.

Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Bina Aksara, 2003.

Suharsimi Arikunto, Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Yogyakarta: BPPE, 1980.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, Strategi dan Aplikasi), Yogyakarta: Sukses Ofset, 2009.

Suparlan. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprihanto. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE, 1988.

Suryosubroto,Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.

Susilo, Joko. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008.

Taslimah Yusuf, Manajemen Perpustakaan Umum, Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud, 1996.

Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i1.4353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.