PRINSIP-PRINSIP DAN PENDEKATAN DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR
Abstract
Setiap lembaga pendidikan sangat mengharapkan tercapainya proses pembelajaran yang baik. Proses pembelajaran yang baik akan berimplikasi pada hasil belajar yang baik. Untuk hasil belajar yang baik, sangat dibutuhkan penilaian yang baik pula. Penilaian merupakan bagian dari evaluasi yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada peserta didik dengan memperhatikan berbagai aspek dan prinsip-prinsip penilaian. Adapun prinsip-prinsip umum penilaian diantaranya: kontinuitas, komprehensif, objektivitas dan kooperatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Ed.I. Cet. IX, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Depdiknas, Pedoman Penilaian Kelas, Jakarta: Depdiknas, 2004.
Depdiknas, Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan dan Penggunaan Alat Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan Terhadap Siswa, Materi Pelatihan, Jakarta: Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen, 2003.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Cet.V, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Jamaluddin Idris, Teknik Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Cet. I, Medan: Citapustaka Media Perintis, 2011.
M. Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Cet. XII, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Cet.IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa: dari Teori Hingga Aplikasi, Cet.I. Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Zainal Arifin, Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
_____, Makalah: Strategi Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas (Classroom-Based Assessment), Bandunng, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i1.4361
Refbacks
- There are currently no refbacks.