PENGARUH PROFESI ORANG TUA SEBAGAI GURU TERHADAP KELANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK (Penelitian Di Desa Matang Sijuek Timu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara)

Irhamni, Asniati

Abstract


Orang tua yang berprofesi sebagai guru merupakan suatu profesi yang sangat mulia. Guru adalah pendidik yang tugas utamanya mengajar dan memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesi orang tua sebagai guru terhadap kelangsungan pendidikan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan pendidikan anak, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anak di Desa Matang Sijuek Timu, Kecamatan Baktia Barat, Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian deskriptif analisis, penetapan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling (penarikan seluruh anggota populasi). Subjek penelitian adalah orang tua yang berprofesi sebagai guru yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara profesi orang tua sebagai guru terhadap kelangsungan pendidikan anak di Desa Matang Sijuek Timu, hal ini terlihat bahwa orang tua yang berprofesi sebagai guru selalu memberikan  motivasi kepada anak untuk melanjutkan pendidikan. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan pendidikan anak di Desa  Matang Sijuek Timu di antaranya: HP (Hand Phone), teknologi informasi, dan  lingkungan sekitar. 3) Perhatian orang tua yang berprofesi sebagai guru  terhadap prestasi belajar anak sangat bagus. Hal ini terlihat bahwa, orang tua memberikan pujian/hadiah apabila anak memperoleh prestasi, orang tua selalu mengingatkan anak agar rajin dalam belajar, serta datang ke sekolah untuk menanyakan kepada guru kesulitan belajar anak di sekolah.


Keywords


Profesi, Orang Tua, Guru, Pendidikan Anak

Full Text:

PDF

References


Aat Syafaat dkk, Peranan Pendidikan Agama Islam, Serang: Rajawali Pers, 2008.

Abi Abdillah Muhammad Bin Ismail Bin Ibrahim Bin Mughiroh Bardizah Al-Bukhari Al-Ja’fi, Shahih Bukhari, Juz 1, Bairut: Daral-Kutb Al Ilmiah Insani, 2004.

Abu Sahla, Buku Pintar Pernikahan, Jakarta: Niaga Swadaya, 2011.

Baqir Sharif Al Qarashi, Seni Mendidik Islami, Jakarta: Pustaka Zahra, 2003.

Departemen Agama RI, Al-Quran Al-Karim, Semarang: Karya Toha Putra, 1995.

Devi, Jadilah Pembimbing dan Guru Bagi Putra Putri Anda, Panduan Emosi, Intelek dan Keterampilan, Bandung: Nuansa, 2000.

Hamad Hasan Ruqaith, Sudahkah Anda Mendidik Anak dengan Benar? Konsep Islam dalam Mendidik Anak, Jakarta: Cendekia Sentra Muslim, 2004.

Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid, Cara Nabi Mendidik Anak, Jakarta: Al-I’tishom, 2004.

Muhammad Irham dkk, Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

.

Sarbini dkk, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Sumadi Surybrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 1992.

Syaiful Bahri Djamarah, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga, Sebuah Perspektif Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Wahini, Keluarga Sebagai Tempat Pertama dan Utama Terjadinya Sosialisasi pada Anak. Makalah Falsafah Sains IPB. Bogor, 2002.

Wahmuji, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusataka Phoenix, 2010.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Zuhairini dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Cet 11 Jakarta: Bumi Aksara, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.