KEPEMIMPINAN GANDA DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DAYAH AR-RAHMAH DAN TK TAHFIZUL QUR’AN

Mumtazul Fikri, Nurul A’la

Abstract


Kepemimpinan ganda merupakan kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin dua lembaga pendidikan sekaligus, untuk dapat memimpin kedua lembaga tersebut membutuhkan seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi dalam mengelola lembaga pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal ini ditentukan oleh keberhasilan pimpinan dalam mengelola tenaga kependidikan dan segala kebutuhan yang tersedia di lembaga pendidikan, namun permasalahan yang terjadi yaitu kekurangan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, dan keuangan sekolah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal Dayah Ar-Rahmah dan TK Tahfizul Qur’an, kendala kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal dan solusi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pengajar, dan siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal (1) memberi motivasi karyawan, (2) menata lingkungan belajar yang asri dan nyaman dalam lembaga, (3) penetapan kebijakan terkait kekurangan keuangan lembaga, (4) pembagian waktu pengawasan lembaga, (5) merekrut tenaga pengajar yang profesional. Kedua, Kendala kepala sekolah dalam
pengelolaan lembaga pendidikan nonformal yaitu; (1)aspek tenaga pengajar(2) aspek guru dan siswa, (3) aspek waktu, (4) aspek keuangan. Ketiga, Solusi kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal, yaitu; 1)memberikan arahan, pemahaman, dan pembinaan yang baik, meminta bantuan santri yang ada di Dayah, (2) menyerahkan
pengelolaan lembaga kepada staf lembaga yang pimpinan kepada orang yang percayai, (3) proses belajar di Dayah dilaksanakan pada malam hari dan proses belajar di TK dilaksanakan pada pagi hari, (4) mengadakan rapat dengan wali santri.

Keywords


Kepemimpinan Ganda, Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal.

Full Text:

PDF

References


Abd.Ghani.2014 “Manajemen Satu Atap dan Anomali Competitiveness Antar Lembaga Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4(1): 31

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Praktek, Jakarta: Rineka Cipta Brush Tony dan Marianne Coleman. 2008 Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan, terj.Fahrurrozi.Yokyakarta : IRchiSoD.

E. Mulyasa. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Professional.Bandung : PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Joesoef Soelaiman. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusdin Pohan, 2007. Metodologi Penelitian, Banda Aceh: Ar-Rijal Institute.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudi.2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar.bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v6i01.9901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.