KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN AKADEMIK DI SMAN 3 BANDA ACEH

Sri Rahmi, Bayurah Bayurah

Abstract


Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin yang sangat berperan penting dalam memimpin suatu lembaga pendidikan untuk dapat mengarahkan para bawahannya, membimbing dan membina para guru dan staf agar dapat mencapai keberhasilan yang dipimpinnya. Kepala SMAN 3 Banda Aceh dalam pelaksanaan akademik penempatan guru kelas yang setiap tahun ajarannya mengajar di kelas yang berbeda-beda. Kepala SMAN 3 Banda Aceh dalampengambilan kebijakan akademik selalu melakukan dengan baik, setiap dalam pengambilan kebijakan akademik oleh kepala sekolah para guru selalu mudah dalam menerima suatu kebijakan dari kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh, untuk mengetahui fungsi kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh. Penelitian yang digunakanadalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka humas dan guru. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala SMAN 3 Banda Aceh memiliki dua gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan karismatik. Kemudian fungsi kepala sekolah SMAN 3 Banda Aceh gunakan adalah fungsi instruktif, konsultatif, partisipatif, delegasi dan pengendalian. Kendala kepala SMAN 3 Banda Aceh dalam pengambilan kebijakan akademik yaitu tidak semua kebijakan itu berjalan sebagaimana dinginkan. Pertama, dana yang kurang juga menjadi suatu hambatan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Kedua, waktu juga termasuk karena kesibukan kepala sekolah di berbagai hal sehingga sulit dalam membagikan waktu.

Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kebijakan, akademik

Full Text:

PDF

References


Daryanto, Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet.IV, Jakarta: Balai Pustaka,

Didin Kurniadin dan Imam Machali, Manajemen Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Engkoswara, Aan Komariah. Administrasi Pendidikan, Cet. IV, Bandung :

Alfabeta, 2015.

Euis Karwati dan Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Kepala

Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu, Cet, ll, Bandung: Alfabeta,

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Cet ,III, Bandung: Pustaka Setia, 2014

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Jasmani dan Syaiful Mustofa, Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam

Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media, 2013.

Jerry H. Makawimbang, Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: Alfabeta, 2012.

Lexi J. Moeloeng, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Muwahid Shulhan, Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru, Yogyakarta: Teras, 2013.

Nana Syaudih Sukma Dinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Nanang Fattah, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sri Rahmi, Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi, Ilustrasi Dibidang Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Syafaruddin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan: konsep, strategi dan aplikasi kebijakan menuju organisasi sekolah efektif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Cet. VII, Bandung:

Alfabeta, 2013.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan

Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v6i01.9907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.