SISTEM REKRUTMEN DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN DI UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH BESAR

Erly Mauvizar

Abstract


Keberhasilan institusi pendidikan dalam mengembangkan misinya sangat ditentukan oleh peningkatan kualitas mutu hasil kerja institusi pendidikan seperti tenaga pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpedoman pada langkah – langkah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sistem rekrutmen yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran di Universitas Abulyatama dilaksanakan berdasarkan perencanaan kebutuhan dengan cara menganalisis kebutuhan, melakukan verifikasi berkas dan pemanggilan oleh Badan Administrasi Umum (BAU) dan kepegawaian, (2) kriteria rekrutmen dosen Fakultas Kedokteran di Unversitas Abulyatama memiliki ijazah S2 pendidikan kesehatan/spesialis dokter, telah lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (bagi dokter), memiliki kemampuan berbahasa inggris, IPK 2.75, memiliki pengalaman mengajar di PT/sederajat, atau memiliki pengalaman sebagai praktisi sesuai bidang ilmunya minimal 2 tahun, dan usia maksimum 45 tahun, (3) proses penyeleksian dilakukan melalui kegiatan seleksi administrasi dan ujian tertulis, serta dilakukan tes khusus dalam bentuk wawancara, pengangkatan dosen dilaksanakan dalam dua kriteria yaitu dosen tetap dan dosen dengan masa kontrak, Dosen tetap dituntut untuk bekerja penuh waktu.

Keywords


Sistem, kriteria, proses penyeleksian

Full Text:

PDF

References


Rivai, Veithzal & Murni, Sylviana. Education Management, analisis, teori dan praktek. Jakarta: Rajawali Press. 2010

Sutirno, Edy.. Majamenen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Perdana Media. Jusmaliani. Pengelolaan Sumber Daya Insani. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. Tim Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Sagala, Syaiful. .Administrasi Pendidikan Kontremporer. Bandung: Alfabeta. 2012.

Barthos, Basir. Manajemen Sumber Daya Manusia, Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Bafadal, Ibrahim. (2009). Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Hasibuan, Malayu S.P . Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Sutirno, Edy. Majamenen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Perdana Media. 2011. Arwildayanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta. . 2011.

Notoatmojo, Soekidjo. (2009). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Satori, Djam’an & Komariah, Aan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005. Pasal 31 Nomor 19. Jakarta: Sinar Grafika

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 42 Ayat 1. tentang SISDIKNAS. Jakarta: Sinar Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.