IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI BEURIWEUH PIDIE JAYA, ACEH

Yusri M. Daud

Abstract


Penelitian ini fokus pada strategi implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang kepala sekolah dan delapan orang guru yang dilakukan secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Sedangkan data dianalisis dengan cara induktif sehingga hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian yang ditemukan; (1) Strategi implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya dilakukan dengan menggunakan delapan strategi berikut; Integrasi dalam mata pelajaran, Pendekatan student centered dan metode, Model pembelajaran kooperatif, Metode diskusi, Metode ceramah, Integrasi dalam muatan lokal, Kegiatan pengembangan diri, dan Guru sebagai model karakter. (2) Implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya dilakukan melalui pengembangan budaya sekolah yang berkarakter, dan (3) penerapan pendidikan karakter pada pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya masih terkendala; minim fasilitas, keterampilan guru dalam pemanfaatan media masih kurang, dan lingkungan masyarakat yang kurang mendukung.

Keywords


Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, dan Kendala

Full Text:

PDF

References


Abdillah Dalimunthe, Reza Armin. 2015. Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, April.

Dedi Heryadi. Menumbuhkan Karakter Akademik Dalam Perkuliahan Berbasis Logika. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017.

E. Mulyasa, Manajeman Pendidikan Karakter, Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

E. Mulyasa. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Cet. IV. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Emile Durkheim Moral Education Cet. I. the free Press of glencoe, Inc, 1961.

Hasan Baharun. Total Moral Quality: A New Appoach For Character Education In Pesantren. Jurnal Islamic Studies By State Islamic Institute Mataram. Vol. 21, No. 1, 2017.

Hidayat Ma‟ruf, Membangun Mahasiswa Yang Berkarakter. IAIN Antisari Banjarmasin: 2012.

Kustiwi Nur Utami. Dkk. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017.

Miftahul Huda, Cooperative Learning. Cet. V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Muchlas Samani. Dkk, Konsep Pendidikan Karakter. Cet. II. Bandung: Remaja Rosadkarya Offset, 2012.

Muhammad Ali Ramdhani. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 08; No. 01; 2014.

Novika Malinda Safitri. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 2, Oktober 2015.

Rabiatul Adawiah. Profeseonalitas Guru Dan Pendidikan Karakter (Kajian Emperis Di SDN Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016.

Reza Armin Abdillah Dalimunthe, Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, nomor 1, April 2015.

Sjarkawi Pembentukan Kepribadian Anak, Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sofwan Amri. Pengembangan&Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Cet. I. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Sulaiman. Character and Fun Lecturing. JIP-The International Journal of Social Sciences. Vol. 5, No. 3, September 2017.

Sulaiman. The Implementation Of Humanistis Learnng At Darul Aman Islamic High Scoo In Aceh Besar. Jurnal Islamic Studies By State Islamic Institute Mataram. Vol. 21, No. 1, 2017.

Syaiful Rizal. Dkk. Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI. (2017) Vol 4 (1).

Tegar Pambudhi. Dkk. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berkarakter nasionalisme kelas IV Sekolah Dasar Daerah Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017.

Thomas Lickona, Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggungjawab. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Tim Penyusun Modul Pelatihan. Penguatan Pendidian Karakter Bagi Kepala Sekolah. Pusat Analisis dan Singkonisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun 2017.

Tim Penyusun Modul Pelatihan. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah. Pusat Analisis dan Singkonisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun 2017.

Wiwik Kusdaryani. Dkk. Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Cakrawala Pendidikan, Februari 2016, Th. XXXV, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.