REVITALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENDIDIKAN (TANTANGAN BARU BAGI UIN AR-RANIRY)

Yusri M Daud

Abstract


Era yang telah kita lalui sekarang diistilahkan dengan era modernism. era modern dihitung dari abad 17 sampai abad 20 Masehi. era ini ditandai dengan berfikir praktis, cepat dan mudah. era modern ditandai dengan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya. sekarang kita lalui era pascamodern, dalam era ini dibutuhkan suatu generasi yang sanggup hidup dalam keberagaman budaya namun tanpa kehilangan jati diri. artinya mampu bersikap dan berpikir pluralistik serta memiliki landasan kultural yang kokoh, sebagai bekal yang antisipatif. oleh karena itu perlu adanya suatu sistem pendidikan yang mampu menyeimbangkan antara pewarisan kebudayaan dan pengembangan potensi individu dengan perkembangan peradaban. di era pascamodern perkembangan tehnologi informasi cukup pesat, ratusan satelit komunikasi diorbit geostationer bergerak anggun mengikuti rotasi bumi. Sementara itu ribuan kilometer kabel serat optik merambah di dasar samudera. Tehnologi Informasi adalah alat penghubung antara berbagai bagian lembaga pendidikan sehingga menjadi menjadi satu kesatuan yang utuh dalam institusi tersebut. Lembaga pendidikan sangat memerlukan tehnologi informasi agar kehidupan pendidikannya menjadi modern dan terus mengalami kemajuan. mengingat pentingnya penguasaan tentang teknologi informasi maka lembaga pendidikan tinggi khususnya UIN Ar-Raniry sebagai salah satu lembaga tempat pewarisan nilai budaya, dan agama perlu ambil bagian dan ikut serta mencipta dan mengunakan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya agar benar-benar bermanfaat untuk mencerdaskan bagi generasi bangsa.

Keywords


Revitalisasi, Teknologi Informasi dan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Dawam Raharjo, M. Indonesia dalam Sistem Dunia, dalam Ulumul Qur’an jakarta, 1993:8

Soedijarto, Mencari Strategi Penbembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,Grasindo, Jakarta, 1991:141.

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Al-Husna, Jakarta 1987:7

Marwah Daud Ibrahim, Tehnologi Emansipasi Dan Transendensi Wacana Peradaban Dengan Visi Islam, Mizan, Bandung 1994 : 15

H.AR.Tilar, Manajemen Pendidikan Nasional, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999:5)

Lyotard, J.F.,The Postmodern Condition : A Report on Knowledge, Minneapolis, University Of Minnesota Press, 1984 : xxiii

Akbar S Ahmed, Postmodernisme and Islam:Predicament and Promis, terjemahan M.Sirojin, Postmodernisme Bahaya dan Harapan bagi Islam, Mizan, Bandung, 1994:9

Akbar S Ahmed, Postmodernisme and Islam:Predicament and Promis, terjemahan M.Sirojin, Postmodernisme Bahaya dan Harapan bagi Islam, Mizan, Bandung, 1994:27

Dawam Raharjo, M. Indonesia dalam Sistem Dunia, dalam Ulumul Qur’an jakarta, 1993:14

Marwah Daud Ibrahim, Benturan atau Pengkayaan Peradaban, dalam Ulumul Qur’an nomor 5 Vol IV th. 1993

Dawan Raharjo,M, Indonesia dalam Sistem Dunia, dalam Ulumul Qur’an Jakarta 1993:5

Nurcholis Madjid, Islam Doktria dan Peradaban, Jakarta, Paramadina, 1992:210

Arief Budiman “Posmo: Apa Sih” Tempo, 19 Oktober 1993 (Soedjatmoko , 1991 : 8)

Everect M.Rogers, Communication Tehnology,(New York, Prentice-Hail Company, 1989) hal. 5

Soedjatmoko “Manusia dan Dunia yang Sedang Berubah” dalam Conny R.Seniawan & Sudijarto (Ed) Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,Grasindo, Jakarta 1991 : 8

Soedjatmoko “Manusia dan Dunia yang Sedang Berubah” dalam Conny R.Seniawan & Sudijarto (Ed) Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,Grasindo, Jakarta 1991 : 11.

M.Siroji, Postmodernisme Bahaya dan Harapan bagi Islam, Mizan,Bandung 1993 : 70

Soedjatmoko “Manusia dan Dunia yang Sedang Berubah” dalam Conny R.Seniawan & Sudijarto (Ed) Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,Grasindo, Jakarta 1991 :14

Soedjatmoko “Manusia dan Dunia yang Sedang Berubah” dalam Conny R.Seniawan & Sudijarto (Ed) Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI,Grasindo, Jakarta 1991 :15

M.Siroji, Postmodernisme Bahaya dan Harapan bagi Islam, Mizan,Bandung 1993 : 33(Ditbinperta, 1993 )

Konsep RIP – UIN Program 25 tahu ke II, Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, 1993.

Mastuhu, H. Pembaharuan Pendidikan Islam : Konsepsi dan Pengantar Dasar,Jakarta, 1993 : 103 .

Muhammad Dahlan, Pendidikan dan Postmodernisme” Republika,4 Mei 1993 : 6




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v7i02.9923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.