PEMBINAAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PELAKSANAAN KONTRAK BELAJAR DALAM PERKULIAHAN

Nurussalami Nurussalami

Abstract


Lembaga pendidikan formal kebanyakan masih sangat mementingkan intelek, memompakan ilmu pengetahuan kepada otak peserta didik dan kurang memperhatikan pembinaan susila dan etika. Akhirnya pendidikan yang terjadi sekarang adalah pendidikan yang telah kehilangan roh, harkat dan martabatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembinaan moral dalam nilai-nilai etika mahasiswa dalam kontrak perkuliahan. Metode yang tepat dalam pembinaan moral dan nilai-nilai etika dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah para Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan Dokumentasi, hasil penelitian Untuk keberhasilan pendidikan maka setiap dosen harus memberikan pembinaan moral dan etika dalam proses pembelajaran yang berlangsung diperguruan tinggi, salah satu alternative yang dapat diterapkan oleh dosen dalam perkuliahan adalah dengan penerapan atau implementasi kontrak belajar. Dengan kontrak belajar ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran diri para mahasiswa untuk dapat bertingkah laku sesuai dengan norma moral yang berlaku didalam masyarakat pada umumnya dan lingkungan kampus pada khusunya. Pembinaan moral ini akan efektif mencapai tujuan apabila dirancang bersama-sama atara dosen dan mahasiswa disosialisasikan pada semua mahasiswa dalam kelas. Ada keteladan dari dosen sebagai pendidik khususnya dalam pelaksanaan serta selalu diawasi dan evaluasi secara terus menerus selama perkuliahan berlangsung.

Keywords


Pembinaan Moral, Perguruan Tinggi, Kontrak Belajar

Full Text:

PDF

References


Depdikbud, Kamus besar bahasa Indonesia, Jakarta balai pustaka, 1989

Meilina Bustari dan Tina Rahmawati, Manajemen Peserta Didik, FIP Universitas Negeri Yokyakarta, 2005

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan; Teoritis Dan Praktis Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997

Sudiyono, Beberapa Hal Mengenai Administrasi Kesiswaan, FIP IKIP Yokyakarta, 1988

Sunarto dan Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta Rineka Cipta, 1999




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v7i02.9925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.