TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH: STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v1i2.8573Keywords:
Literasi, Keuangan Syariah, Ekonomi IslamAbstract
Pengetahuan, pemahaman serta kecakapan dalam mengelola keuangan merupakan sebuah keniscayaan pada era industry 4.0. Bukan hanya pada level korporasi, namun juga sampai pada orang pribadi, karena literasi keuangan yang baik dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan guna mencapai kesejahteraan. Kajian ini menganalisis tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Kota Banda Aceh. Aspek literasi keuangan syariah yang diuji meliputi: pengetahuan dasar keuangan syariah, tabungan dan pinjaman syariah, asuransi syariah, dan investasi syariah. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, melalui penyebaran kuesioner terhadap responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, dan hasil analisis selanjutnya diklasifikasikan kedalam model tingkat literasi keuangan yang dirumuskan oleh chen & Volpe (1998). Populasi kajian ini yaitu masyarakat Kota Banda Aceh dengan rentang umur 20 s/d 39 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 108 orang dengan menggunakan teknik pengambilan area sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Kota Banda Aceh sebesar 71,99% atau berada pada kategori sedang. Nilai rata-rata setiap aspek yang diuji yaitu: pengetahuan dasar keuangan syariah (83,22%), tabungan dan pinjaman syariah (66,67%), asuransi syariah (65,93%), dan aspek invetasi syariah (71,85%). Penulis akhirnya merekomendasikan kepada pihak terkait untuk terus memperkuat serta memperluas edukasi kepada masyarakat terkait keuangan syariah, agar dapat menunjang pengelolaan keuangan yang searah dengan prinsip syariah serta menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pada aspek ekonomi dan keuangan oleh masyarakat.
Downloads
References
Bhushan, Puneet & Medury, Yajulu. (2013). Financial literacy and its determinants. International Journal of Engineering, Business and Enterprise Applications. 4. 155-160.
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis Of Personal Financial Literacy Among College Student. Financial Services Review, 7(2) : 107-128 , 3.
Dewanty, N & Isbanah, Y. (2018). Determinants of the Financial Literacy: A Case Study on Career Woman in Indonesia. Etikonomi Jurnal Ekonomi. Vol 17 (2). 285-296.
Hambali, M. Y. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keuangan Masyarakat Sekitar Pondok Pesantren Di Kecamatan Cibitung Bekasi. Skripsi , 7.
Herdiati, I. F., Utama, S. (2017). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Lembaga Keuangan Syariah.
Ichwan, C. N. (2016). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah Pada Wilayah Gerbangkertasusila. Jurnal , 3.
Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : PT.Refika Aditama.
Kristanto, V. H. (2018). Metodelogi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta : Deepublish.
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, VOL. 17, NO. 1, MARET 2015, 76-85 , 77.
Matilla, A.S., & Wirtz, J. (2002). The Impact of Knowledge Type on The Consumer Search Process: An Investigation In the Context of Credence Services. International Journal of service industry management: IJSM, Vol. 13. 2002, 3, p. 214-230.
Mbarire, T.T., & Ali, A.I. (2014) Determinants of Financial Literacy Levels Among Employees of Kenya Ports Authority in Kenya. Research Journal of Finance and Accounting. 5(16), 44-52.
OJK. (2016). Peraturan OJK Nomor 76/PJOK.07/2016. Jakarta: OJK.
--------. (2017). Roadmap Pengembangan Keuangan Syariah 2017-2019.
--------. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta: OJK.
--------. (2016). Survey Literasi Dan Inklusi Keuangan 2016. Jakarta: OJK.
Rasyid, R. (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Volume 1, Nomor 2, September 2012 , 92
Soemitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Ulfatun, T., Udhma, U. S., & Dewi, R. S. (2016). Analisis Tingkat LiterasiKeuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012- 2014. PELITA, Volume XI, Nomor 2, Agustus 2016 , 1-12.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
----------., H. (2003). Metode Riset Bisnis Panduan Mahasiswa Untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akutansi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahyuni, S. (2012). Moslem Community Behavior in The Conduct of Islamic Bank: The Moderation Role of Knowledge and Pricing. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 57: 290-298.
Wahyuni, S., & Arifin T. (2013). Knowledge as an Antecedent Variabel of Intention to Use Islamic Banking Product. Diakses dari: http://aasic2013.permitha.net/Proceedings/ICBESS_Proceeding/Volume/icbess-p028.pdf
Wirdyaningsih. (2005). Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Yulianto, A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk atau Layanan Lembaga Keuangan Syariah.
Yusnita, R.R & Abdi, M. (2018). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Literasi Keuangan. Journal of Economic, Business and Accounting. Vol 2, Nomor 1, Juli-Desember
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.